Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kostum Unik Indonesia di Ajang Kecantikan Internasional

Kompas.com - 26/03/2021, 14:07 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kostum nasional yang terinspirasi sate ayam milik Kharishma Aurra, Miss Grand Indonesia 2020 pada gelaran Miss Grand International bukanlah satu-satunya.

Pada waktu lalu, jamu, kekayaan maritim, bahkan orangutan pernah jadi tema kostum yang dikenakan para perempuan cantik tersebut.

Para peserta kontes kecantikan asal Indonesia kerap menampilkan busana yang mewah dan unik dengan inspirasi kekayaan budaya lokal.

Khususnya dalam sesi kostum nasional di mana semua peserta berusaha membawa kekayaan negara asalnya. Indonesia sendiri tercatat punya beberapa kostum yang mengesankan dan berhasil menjadi yang terbaik di dunia.

Baca juga: Tampilan Miss Grand Indonesia 2020 dalam Balutan Busana Sate Ayam

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by S A S H P A G E A N T T (@sashpageantt)

Sesi kostum nasional memang menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para pageant lover. Publik menantikan ide apa yang dieksplorasi dan penampilan peserta perwakilan negaranya.

Berikut ini adalah sejumlah kostum peserta asal Indonesia di ajang kecantikan mancanegara yang sempat mengundang decak kagum antara lain:

  • Phinisi Journey to the East

Salah satu kostum peserta Miss Grand International pada 2016 Salah satu kostum peserta Miss Grand International pada 2016

Miss Grand Indonesia sebelumnya, Sarlin Jones juga tampil menawan dalam kostum yang terinspirasi dari Kapal Phinisi ini. Wilayah Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dengan budaya maritim yang kuat menjadi ide utama karya desainer Hengki Kawilarang ini.

Pakaian seberat 30 kilogram ini berwarna hitam berhiaskan kain tenun merak keemasan khas Nusa Tenggara Timur. Kostum ini juga terinspirasi dari Labuhan Bajo, tempat ia terpilih menjadi perwakilan Indonesia.

Kebetulan Sarlin yang berdarah Indonesia-Amerikan ini juga memiliki darah Nusa Tenggara Timur yang diturunkan dari sang ibu.

Baca juga: Kevin Lilliana Pakai Kostum Mbok Jamudi Final Miss International 2017

  • Ibu Pertiwi

Kostum yang dikenakan oleh Dea Rizkita, perwakilan Indonesia di ajang Miss Grand International 2017 ini terlihat megah sekaligus mistis. Terbukti, busana seberat 27 kilogram ini didapuk menjadi yang terbaik dalam kategori Best National Costume.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by AYUPAGEANT [AYP] (@ayupageant)

Pakaian ini berwarna biru dengan ornamen yang mencerminkan kepribadian Bangsa Indonesia. Biru tua melambangkan kebanggaan sebagai bangsa maritim, lima kristal perlambang Pancasila dan berbagai miniatur candi di ekor gaunnya.

  • Warrior of Orangutan

Bunga Jelitha Ibrani saat mengenakan Warrior of Orangutan, kostum nasional Indonesia untuk ajang Miss Universe akhir November 2017.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Bunga Jelitha Ibrani saat mengenakan Warrior of Orangutan, kostum nasional Indonesia untuk ajang Miss Universe akhir November 2017.
Kostum ini dipakai oleh Bunga Jelitha, Putri Indonesia 2017 pada kontes kecantikan sejagat, Miss Universe 2017. Karya desainer Rinaldy Yunardi ini membawakan pesan yang kuat akan pentingnya kepedulian akan alam.

Orangutan yang hanya ada di Indonesia terancam punah dengan berbagai perusakan hutan. Bunga berusaha mengajak dunia untuk lebih peduli kepada alam dengan penampilkan uniknya kala itu.

Baca juga: Bocoran Desain Mahkota Emas Miss Grand Indonesia, Beratnya Capai 2 Kg

  • Royal Sigokh of Lampung
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by THE GRAND INDONESIA????????? (@thegrandindonesia)

Best National Costume juga pernah disabet oleh kontestan dari Indonesia pada gelaran Miss Grand Internation 2016. Bukan hanya itu, Ariska Putri Pertiwi juga melengkapi prestasinya dengan memboyong status sebagai Miss Grand Internation 2016.

Kostum ini berhasil menjad yang terbaik karena menampilkan keagungan pengantin wanita dari kalangan bangsawan Lampung. Busana ini merupakan hasil karya Dynand Faris yang biasa membuat kostum untuk Jember Fashion Carnaval.

  • Chronicle of Borobudur

Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira (kiri) yang mengenakan national costume dengan tema The Chronicle of Borobudur yang akan dikenakannya pada ajang Miss Universe 2015 di Miami, berfoto bersama Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri K Wardani, di Taman Sari Royal Heritage, Jakarta Pusat, Rabu (17/12/2014).Tribunnews/Jeprima Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira (kiri) yang mengenakan national costume dengan tema The Chronicle of Borobudur yang akan dikenakannya pada ajang Miss Universe 2015 di Miami, berfoto bersama Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri K Wardani, di Taman Sari Royal Heritage, Jakarta Pusat, Rabu (17/12/2014).
Salah satu prestasi terbaik Indonesia adalah dengan menjadi Best National Costume pada acara Miss Universe 2015. Bertemakan candi Budha terbesar di dunia, Elvira Devinamira, perwakilan Indonesia kala itu, berhasil memukau mata dunia.

Kostum seberat 20 kilogram itu berwarna abu-abu dan bercorak kuning keemasan. Tampilannya yang megah sekaligus elegan dengan hiasan kepala yang senada menjadi kunci kemenangannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com