Kompas.com - 26/03/2021, 15:23 WIB
Manfaat daun kelor (Moringa oleifer) sangatlah beragam. Mulai dari melawan diabetes, membantu mencegah penyakit kardiovaskular, membantu menurunkan kolesterol, hingga menyehatkan mata. SHUTTERSTOCKManfaat daun kelor (Moringa oleifer) sangatlah beragam. Mulai dari melawan diabetes, membantu mencegah penyakit kardiovaskular, membantu menurunkan kolesterol, hingga menyehatkan mata.

KOMPAS.com - Daun kelor (Moringa oleifer) memiliki beraga manfaat. Mulai dari melawan diabetes, membantu mencegah penyakit kardiovaskular, membantu menurunkan kolesterol, hingga menyehatkan mata.

Manfaat daun kelor bisa didapatkan lewat berbagai cara konsumsi, misalnya dimasak menjadi menu sayur atau sup, ditumis, dijadikan teh, hingga diaplikasikan secara topikal pada kulit wajah untuk kesehatan kulit.

Baca juga: 7 Manfaat Tak Terduga dari Daun Kelor

Menurut buku "Kelor Menggoyang Lidah" yang ditulis oleh Redaksi Trubus (2019), penambahan daun kelor ke dalam aneka jenis olahan pangan dapat meningkatkan nilai gizi pangan tersebut.

Kabar baiknya, manfaat tanaman ini diyakini tidak terbatas pada daunnya saja.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes, misalnya, menemukan bahwa ekstrak buah kelor juga dapat membantu melawan diabetes.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (10/3/2021), daun muda, bunga, batang, maupun biji kelor dapat dijadikan bahan pangan sehari-hari.

Tangkai daun kelor dapat direbus dengan segelas air untuk kemudian diminum. Daun kelor juga bisa diolah menjadi campuran kue atau adonan mi sebagai pewarna alami, menjaditepung kelor, hingga menjadi teh.

Berikut ragam olahan daun kelor yang bisa Anda nikmati di rumah

1. Tumis daun kelor

Daun kelor dapat diolah dengan ditumis secara sederhana.

Misalnya, dipadukan dengan tempe dan teri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X