Kompas.com - 26/03/2021, 15:29 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Perubahan gaya hidup dialami hampir semua orang selama pandemi, termasuk pola makan. Konsumsi makanan bernutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh memang meningkat, tetapi jajan di luar rumah juga jadi kebiasaan baru.

Selain perubahan pola makan, pandemi juga membuat orang melupakan aktivitas olahraga. Padahal, durasi kita duduk meningkat pesat karena kegiatan bekerja dan bersekolah dilakukan di depan gawai.

“Jadi rute kita selama pandemi ini berkutat dari ruang tamu atau ruang kerja, ke meja makan dan dapur, balik lagi ke ruang tamu, dan teras. Muter saja di rumah,” kata dokter spesialis gizi Diana F Suganda, M.Kes, Sp.GK.

Kebiasaan memesan makanan dari luar pun meningkat, dan biasanya menu yang dipesan tinggi kalori, garam, karbohidrat sederhana, tetapi minim serat.

“Coba, berapa banyak di antara kita yang pesan makanan online tapi pesannya sayur, kayak gado-gado atau salad. Pasti yang enak-anak, apalagi ada promo. Kebayang sehari dua hari, lalu setahun,” ujar Diana dalam acara media talkshow yang diadakan PT Frisian Flag Indonesia (22/3).

Baca juga: Kiat Anti-Boros Jajan Makanan di Masa Pandemi Covid-19

Asupan makanan yang tidak sehat itu kemudian tidak diimbangi dengan aktivitas olahraga, serta berkurangnya jam tidur karena sering begadang menonton serial di televisi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tidak heran, banyak pasien saya yang datang selama pandemi dengan keluhan berat badan naik,” cetusnya.

Tidak cuma pada orang dewasa, menurut Diana, kondisi ini juga terjadi pada anak-anak. Makin banyak orangtua yang mengeluhkan anaknya semakin gemuk, karena sekarang semua kegiatan dilakukan dari rumah dan tidak ada waktu bermain atau melakukan eskul di sekolah.

Tinggalkan gaya hidup tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat ini tentu harus diubah, sebab kenaikan berat badan akan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, kolesterol, atau penyakit jantung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X