Kompas.com - 27/03/2021, 19:00 WIB
Surat lamaran Steve Jobs yang dilelang dan laku seharga Rp 3,2 miliar BIDSPOTTER.CO.UKSurat lamaran Steve Jobs yang dilelang dan laku seharga Rp 3,2 miliar

KOMPAS.com - Surat lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan Steve Jobs dari tahun 1973 dilelang seharga 223.414 dollar AS atau sekitar Rp 3,2 miliar.

Lelang tersebut dilakukan oleh Charterfields di Inggris dengan penawaran yang dimulai pada 24 Februari dan ditutup pada 24 Maret 2021.

Ini bukanlah pertama kalinya surat lamaran pekerjaan Jobs laku terjual. Pada awal tahun 2018, dokumen itu juga sempat dibeli oleh seorang pengusaha teknologi.

Baca juga: Balai Lelang Sothebys Lepas 50 Sepatu Nike dan Jordan Langka

Dokumen lamaran kerja itu pertama kali ditulis oleh Jobs setelah dia lulus kuliah dari Reed College di Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS).

Kira-kira, setahun sebelum dia bergabung dengan Atari pada tahun 1974, di mana dia bertemu dengan salah satu pendiri Apple Steve Wozniak.

Seperti yang banyak diketahui, Jobs dan Wozniak resmi mendirikan Apple pada tahun 1976 dengan kantor pertamanya di Los Altos, California, AS.

Dalam surat lamaran tersebut, dia menuliskan kemahirannya dalam dunia teknologi seperti pengalamannya di bidang komputer dan kalkulator.

Baca juga: Toko Sepatu Balai Lelang Sothebys Dibuka, Siapa yang Mampu Beli?

Dia juga menuliskan sastra Inggris sebagai salah satu ilmu bidang yang dikuasainya.

Surat lamaran pekerjaan itu dilelang dalam kondisi sangat baik dengan sedikit kusut, noda ringan, dan pita bening yang usang di tepi atas, yang juga disertai dengan surat dan sertifikat keaslian.

Secara anumerta, memorabilia Jobs lainnya yang berupa disket dengan tanda tangan dan sebuah majalah Newsweek telah dijual pula.

Masing-masing laku terjual seharga 84.115 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar dan 50.000 dollar AS atau sekitar Rp 720 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber NDTV
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.