Kompas.com - 28/03/2021, 10:12 WIB
Ilustrasi daun bawang di dalam mangkuk rotan. SHUTTERSTOCK/TSURUKAME DESIGNIlustrasi daun bawang di dalam mangkuk rotan.

KOMPAS.com - Sisa daun bawang yang dipakai di dapur bisa ditanam kembali dengan mudah di rumah. Hasilnya bisa dipanen untuk menjadi bahan masakan di kemudian hari.

Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap dipakai dalam masakan Indonesia. Karena itu hampir semua orang pasti rutin membelinya setiap kali belanja ke pasar.

Biasanya irisan daun bawang dijadikan campuran telur, tempe goreng atau sekedar ditaburkan di atas masakan yang sudah matang.

Rasanya makanan akan menjadi kurang sedap apabila tidak menggunakan tanaman yang masih berkeluarga dengan bawang merah ini.

Namun kebanyakan orang hanya menggunakan bagian ujungnya yang berwarna hijau saja. Bagian pangkal yang berwarna putih kerapkali hanya berakhir di tong sampah.

Baca juga: Ini Trik Menanam Daun Bawang Tanpa Busuk Akar

Daripada dibuang sia-sia, ada baiknya sisa daun bawang di dapur dimanfaatkan di kebun rumah saja. Sisa potongan itu bisa ditumbuhkan kembali alias regrow dan hasilnya bisa dipakai untuk memasak lagi.

Untuk melakukannya, siapkan air di dalam wadah yang tembus pandang. Bisa menggunakan botol plastik sisa minuman kemasan yang dipotong atau apapun yang tersedia di rumah.

Kemudian potong bagian putih daun bawang sekitar 5 sampai 7 cm dan letakkan di dalam wadah tersebut. Kita juga bisa melakukan regrow dengan daun bawang yang sudah tidak memiliki akar.

Harus diingat agar jangan mengisi wadah dengan terlalu banyak air agar tidak membusuk. Sebaiknya air dapat merendam dapat merendam pangkal daun bawang hingga separuhnya saja.

Setelah itu, tunggu prosesnya selama maksimal 7 hari sampai bagian hijaunya tumbuh kembali sekitar 3 cm.

Baca juga: 5 Tanaman Hidroponik Rumahan agar Bisa Panen Sayur Sendiri

Sesekali cek perkembangannya untuk melihat apakah daun tersebut berkembang dengan optimal atau malah membusuk.

Proses regrow ini kemudian bisa dilanjutkan dengan memindahkan tanaman ke media tanam tanah. Pot atau polybag bisa dijadikan opsi agar tanaman berkembang lebih maksimal.

Biasanya daun bawang sudah tumbuh sempurna dan bisa dipanen dengan optimal setelah satu bulan.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X