Kompas.com - 28/03/2021, 20:37 WIB
Seorang wanita begadang OcusFocusSeorang wanita begadang

KOMPAS.com - Gangguan tidur menjadi masalah kesehatan yang mengalami peningkatan cukup signifikan di tengah pandemi Covid-19.

Suatu penelitian di Belanda terhadap kelompok usia 18-70 menemukan, 32 persen responden mengeluh mengalami gangguan tidur umum.

Selain itu, 43,2 persen responden lainnya mengatakan mereka mengalami kurang tidur. Responden yang ikut dalam penelitian tersebut mewakili sampel nasional.

Di sisi lain, suatu studi yang dilakukan di Norwegia di terhadap 1285 siswa sekolah menengah (usia 16-19 tahun) juga menemukan fakta terkait gangguan tidur.

Penelitian tersebut menunjukkan, sekitar 10,4 persen masalah gangguan tidur tidak dapat diatasi dengan induksi perilaku.

Dalam survei baru-baru ini di Amerika Serikat, diperkirakan 83,6 juta orang dewasa tidur kurang dari 7 jam per hari.

Baca juga: Jangan Sepelekan! Ketahui Penyebab Tidur Gelisah dan Cara Mengatasinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data-data tersebut, dapat dikatakan kurang tidur kronis menjadi masalah kesehatan yang berkembang di tengah pandemi.

Kurang tidur akut lebih rentan terjadi pada orang dewasa muda dibanding orang dewasa yang senior. Hal ini berkaitan dengan pola pikir bahwa bekerja lebih baik dibanding tidur.

Belum lagi sejumlah kantor masih menerapkan kebijakan kerja dari rumah. Hal ini terkadang membuat jam kerja menjadi tidak jelas.

Efek buruk

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.