Kompas.com - 29/03/2021, 09:43 WIB
Jam tangan Frederique Constant Slimline Monolithic Manufacture Frederique ConstantJam tangan Frederique Constant Slimline Monolithic Manufacture
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pembuat jam tangan asal Swiss, Frederique Constant, menghadirkan teknologi baru untuk menggantikan regulator yang saat ini dipakai sebagian besar jam tangan mekanis di dunia.

Teknologi ini berupa osilator berbahan silikon yang berdetak dengan kecepatan sangat tinggi, yang jauh lebih simpel dibanding sistem lama.

Apa itu regulator dan osilator? Untuk memahami ini, kita perlu mengetahui bagaimana jam mekanis bekerja.

Pada dasarnya arloji jenis ini mendapatkan tenaga ketika kita memutar bagian Crown, yang meneruskan putaran ke mainspring sebagai tempat menyimpan tenaga.

Mainspring berbentuk per melingkar ini lalu melepaskan tenaga untuk memutar beberapa roda gigi yang disalurkan ke penunjuk jam. Maka jarum jam pun bergerak.

Namun bila tidak diatur, maka pelepasan energi ini tidak terkendali dan gerakan jarum jam menjadi tidak akurat.

Karenanya diperlukan regulator (pengatur) yang terdiri dari escapement dan balance wheel yang bekerja harmonis dengan gerakan berulang untuk menjaga detak jam.

Sejak ditemukan oleh fisikawan Belanda Christiaan Huygens pada tahun 1675, sistem regulator ini menjadi jantung dari 99% jam tangan mekanis yang dibuat saat ini.

Osilator pada jam tangan Frederique Constant Slimline Monolithic ManufactureERIC ROSSIER Osilator pada jam tangan Frederique Constant Slimline Monolithic Manufacture
Nah yang dilakukan Frederique Constant adalah menyederhanakan sistem regulator yang terdiri dari 26 komponen logam ini menjadi osilator tunggal berbahan silikon monokristal dengan diameter 9,8 mm dan tebal hanya 0,3 mm.

Bedanya lagi, bila sistem regulator Swiss kebanyakan berdetak pada frekuensi 4Hz atau 28.800 getaran per jam (VPH), maka osilator Frederique Constant, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan spesialis silikon Belanda Flexous, berdenyut pada 40Hz atau 288.000 VPH.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X