Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Keluarga Aman di Luar Rumah dengan 3 Cara, Ibu Harus Tahu

Kompas.com - 29/03/2021, 10:17 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi merupakan tantangan tersendiri bagi banyak orang. Terutama para ibu yang harus melindungi keluarganya.

Saat ini, banyak keluarga yang sudah mulai ke luar rumah untuk mengatasi rasa jenuh. Misalnya saja pergi ke pusat perbelanjaan, tempat wisata, atau menginap di hotel.

Hal ini membuat para ibu harus memiliki persiapan ekstra saat berada di luar rumah guna memastikan keluarganya jauh dari kuman dan penyakit.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para ibu agar menjadi Wondermoms untuk melindungi keluarganya. Berikut ulasannya berdasarkan siaran pers yang diterima Kompas.com dari Origita.

1. Siapkan masker di tas

Ketika bepergian keluar rumah, ibu perlu memastikan dirinya membawa masker. Pastikan untuk menyiapkan lebih dari satu masker.

Memakai masker saat keluar rumah sangatlah penting guna menjaga diri sendiri. Selain itu, masker membantu menghindari perpindahan kuman dan bakteri yang tersebar melalui udara. 

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan masker. Salah satunya penggunaan masker yang maksimal hanya 4 jam.

Selain itu, jangan memakai lagi masker yang jatuh ke lantai karena sudah kotor. Segera ganti masker yang kotor dengan masker baru yang telah disiapkan dalam tas.

Baca juga: 5 Tips Jadikan Masker Lebih Protektif Cegah Infeksi B.1.1.7

2. Semprot disinfektan

Sehabis beraktivitas di luar apabila ingin masuk ke rumah atau mobil, lakukan tindakan sanitasi dengan menyemprotkan disinfektan.

Semprotkan disinfektan ke baju yang dipakai dan barang-barang yang digunakan. Jika habis membeli barang, semprotkan pula kantung belanjaan dengan disinfektan.

Tapi jangan asal memilih disinfektan. Pilihlah disinfektan yang kandungannya aman bagi tubuh.

Baca juga: Jangan Salah, Ada 3 Pemahaman Penting untuk Pakai Disinfektan

3. Gunakan antiseptik

Pastikan untuk langsung mandi sehabis beraktivitas di luar rumah. Bahkan kalau bisa gunakan sabun antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang menempel ditubuh.

Selain itu, bisa juga menambahkan antiseptik untuk membersihkan luka, mengepel lantai, mencuci baju, dan yang lainnya.

Tentu yang tidak kalan penting adalah menerapkan protokol kesehatan dengan benar, antara lain menjaga jarak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com