Kompas.com - 29/03/2021, 11:27 WIB
Kucing memiliki indera penciuman yang sensitif, sehingga binatang berbulu ini tidak suka bau-bau yang terlalu kuat. UNSPLASH/ERIK-JAN-LEUSINKKucing memiliki indera penciuman yang sensitif, sehingga binatang berbulu ini tidak suka bau-bau yang terlalu kuat.

KOMPAS.com - Kucing memiliki indera penciuman yang sangat sensitif. Oleh karena itu, bau-bauan yang kuat bisa membuatnya merasa tidak nyaman.

Mengetahui bau yang dibenci kucing bisa membantu Anda untuk menjauhkan bau-bau tersebut dari area yang biasa disinggahi kucing agar tidak mengiritasi atau berdampak buruk pada kucing.

Namun, mengetahui bau yang dibenci kucing juga bisa jadi cara mengusir kucing tanpa perlu menyiksanya.

Jika kucing Anda suka buang air besar di halaman atau menggaruk sofa, menaruh bau-bauan yang tidak disukainya di area tersebut juga bisa membantu kucing berpindah dari area itu.

Beberapa bau yang dibenci kucing, antara lain:

1. Buah-buahan sitrus

Menurut Animal Path, buah-buahan sitrus memiliki bau yang sangat kuat dan bisa terasa seperti "serangan" buat hidung kucing yang begitu sensitif.

Anda bisa menggunakan kulitnya atau mengolah buah menjadi bentuk jus dan menjadikan semprotan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa contoh buah sitrus antara lain lemon, jeruk, jeruk nipis, hingga jeruk Bali.

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini 10 Manfaat Kulit Jeruk

2. Mint

Bukan hanya tidak disukai kucing. Mint juga bisa beracun untuk kucing, meskipun mereka harus memakannya dalam jumlah banyak untuk bisa sakit.

Jika Anda rutin menggunakannya sehari-hari, pastikan mint tersimpan dengan baik dan jauh dari jangkauan kucing.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X