Kompas.com - 29/03/2021, 11:45 WIB
Ilustrasi kangkung ditanam dengan metode hidroponik. Media tanam berupa botol plastik bekas. SHUTTERSTOCK/BAYU WIDHI NUGROHOIlustrasi kangkung ditanam dengan metode hidroponik. Media tanam berupa botol plastik bekas.

KOMPAS.com - Ada beberapa bagian sayuran yang terpaksa dibuang saat memasak karena tak bisa dikonsumsi. Jangan buru-buru buang bagian ini karena bisa dimanfaatkan untuk ditanam kembali dengan mudah.

Ketika memasak, biasanya bagian pangkal dibuang karena dianggap tidak sedap atau kotor. Misalnya saja pada kangkung atau daun bawang yang hanya diambil bagian pucuknya saja.

Kebanyakan orang akan langsung membuat sisa sayuran ini begitu saja ke tong sampah. Padahal kita bisa memanfaatkanya di kebun rumah agar bisa digunakan kembali di masa mendatang.

Sejumlah tanaman memang memungkinkan untuk mengalami proses regrow atau tumbuh kembali meski ditanama dengan sisa potongan saja. Cara ini bisa kita tempuh agar lain kali tidak perlu keluar uang untuk membeli sayuran itu lagi.

Selain itu tentu saja sayuran tanaman sendiri jelas lebih sehat dan segar. Apa saja tanaman yang bisa di-regrow? Berikut adalah daftarnya:

Baca juga: Ingin Menanam Sayur Sendiri? Ketahui Jenis Sayur yang Cepat Panen

  • Daun bawang

Daun bawang menjadi jenis sayuran yang dipakai di hampir semua jenis masakan. Namun bagian pangkalnya yang berwarna putih kerap disisakan karena keras dan dinilai tidak memiliki khasiat yang serupa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lain kali kita bisa mencoba menanam sisa daun bawang ini dengan media tanam air. Biasanya butuh waktu sekitar 1,5 bulan sampai tanaman ini bisa kembali kita panen.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Daun Bawang Sisa Dapur dengan Air

  • Kangkung

Tumis kangkung menjadi alternatif sayur yang lezat dan mudah dibuat. Biasanya kita menyisihkan bagian pangkalnya yang memiliki akar karena dianggap kotor dan keras sehingga tidak enak dimakan.

Kangkung merupakan jenis sayuran yang paling mudah untuk ditanam kembali. Kita bisa langsung menanam bagian akar di media tanah yang agak padat dan ditunggu sampai berkembang.

Selain itu kangkung juga bisa dipanen dengan sangat cepat, hanya butuh waktu 1 bulan saja sampai bisa dinikmati kembali.

Baca juga: Mengenal Microgreens, Solusi Menanam Jika Tak Punya Lahan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.