Kompas.com - 29/03/2021, 16:14 WIB
Versus Medici, lukisan karya Jean Michel Basquiat Sotheby'sVersus Medici, lukisan karya Jean Michel Basquiat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Balai Lelang Sotheby's akan melelang karya seni Jean-Michel Basquiat senilai 35 juta dollar AS atau sekitar Rp 506 miliar dalam beberapa bulan mendatang.

Jika laku, karya itu akan menjadi salah satu lukisan termahal Basquiat.

Karya tersebut adalah lukisan tahun 1982 berjudul Versus Medici yang mencerminkan suatu titik di mana Basquiat dipengaruhi oleh masa hidupnya di Modena, Italia.

Seperti judulnya, karya seni tersebut merujuk pada keluarga Medici era Renaisans, dan di dalamnya terdapat beberapa motif khas Basquiat seperti kerangka, mahkota, dan coretan kata-kata.

Versus Medici dilukis ketika seniman itu baru berusia 22 tahun - dan perlu diketahui, lukisannya dari tahun 1982 adalah yang paling berharga di pasaran.

Kepala Seni Kontemporer Sotheby's New York Grégoire Billault menyampaikan beberapa konteks pada karya seni ini dalam sebuah pernyataan:

“Dalam Versus Medici, Basquiat memadukan politik dan seni-sejarah saat dia secara sadar berusaha memahami budaya visual barat yang dianggap ideal, lalu berniat menguasai 'aturan' tersebut untuk kemudian dilanggarnya."

Lelang Jean-Michel Basquiat versus Medici Sotheby akan diadakan pada 12 Mei.

Baca juga: Karya Basquiat Warrior Tembus Rekor Lukisan Barat Termahal di Asia

Jean-Michel Basquiat lahir di Brooklyn, New York, 22 Desember 1960. Dia mulai debutnya sebagai seorang seniman grafiti di New York pada 1970-an dan berkembang menjadi seorang pelukis ekspresionis dan neo-primitif.

Sepanjang kariernya, Basquiat berfokus pada "dikotomi sugestif," seperti kekayaan versus kemiskinan, integrasi terhadap segregasi, dan pengalaman batin versus luar.

Karya Basquiat merupakan gabungan antara gambar, puisi, dan lukisan, yang dikawinkan dengan teks. Bentuk-bentuk dan figur abstrak dalam karyanya kerap berisi kritik kontemporer.

Salah satu lukisan Jean-Michel Basquiat berjudul Intitled yang menggambarkan kepala mirip tengkorak, menggunakan cat akrilik, dan cat semprot di kanvas raksasa, tercatat sebagai lukisan termahal di dunia sepanjang abad ke-20.

Seorang kolektor asal Jepang, Yusaku Maezawa, membeli lukisan tersebut seharga 110,5 juta dollar AS atau setara dengan Rp 1,48 triliun, dalam rumah lelang Sotheby New York, tanggal 18 Mei 2017.

Sayangnya rekor itu tercapai lama setelah Basquiat meninggal pada 12 Agustus 1988 karena overdosis heroin di studio seninya di New York City.

Baca juga: Karya Jean-Michel Basquiat dalam Produk Coach, Seperti Apa?



Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X