Kompas.com - 29/03/2021, 20:06 WIB
Setiap kehamilan memang berbeda, namun banyak orang masih suka menebak jenis kelamin bayi. Faktanya, ada beberapa tanda yang dapat diamati untuk menjawab rasa penasaran tersebut. SHUTTERSTOCKSetiap kehamilan memang berbeda, namun banyak orang masih suka menebak jenis kelamin bayi. Faktanya, ada beberapa tanda yang dapat diamati untuk menjawab rasa penasaran tersebut.

KOMPAS.com - Ketika hamil, seseorang pasti langsung berusaha menebak jenis kelamin bayi yang ada di dalam kandungan.

Meskipun setiap kehamilan bisa berbeda-beda, menebak-nebak jenis kelamin bayi tetap menjadi momen seru.

Sebab, faktanya, memang ada beberapa tanda yang bisa kita amati untuk mengetahui perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Morning sickness

Morning sickness adalah mual dan muntah ketika hamil. Ini mungkin bisa memberi gambaran apakah bayi yang dikandung adalah laki-laki atau perempuan.

Sebuah artikel di Medical News Today mengutip hasil studi pada 2017 yang menemukan bahwa calon ibu yang hamil bayi perempuan cenderung mengalami lebih banyak peradangan ketika sistem kekebalannya terpapar bakteri dibandingkan dengan mereka yang mengandung anak laki-laki.

Jadi, mereka mungkin merasa lebih tidak sehat daripada calon ibu yang mengandung anak laki-laki.

Sementara menurut Romper, sebuah studi tahun 1999 yang diterbitkan dalam The Lancet menemukan bahwa kebanyakan ibu hamil yang mengalami hiperemesis gravidarum cenderung mengandung bayi perempuan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda melewati masa kehamilan tanpa mual di pagi hari, mungkin bayi yang Anda kandung adalah laki-laki.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan keterkaitan jenis kelamin dan kebiasaan morning sickness yang dialami ibu hamil.

Baca juga: Mengapa Tak Semua Ibu Hamil Alami Morning Sickness?

2. Detak jantung bayi

Menurut What to Expect, kebijaksanaan konvensional menyatakan bahwa jika detak jantung bayi kurang dari 140 detak per menit berarti calon ibu akan melahirkan anak laki-laki.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X