Kompas.com - Diperbarui 29/11/2022, 04:34 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com — Kepuasan seksual tak semata-mata tergantung pada keberadaan pasangan. Kepuasan seks ternyata bisa didapatkan meskipun sendiri.

Judith Golden, seorang terapis seks di Toronto, menjelaskan bahwa kegiatan masturbasi bisa menjadi pilihan untuk kepuasan seksual yang bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Bahkan, masturbasi bisa dijadikan sebagai bentuk self love untuk mengisi me-time. Menurut Golden, ada beberapa manfaat dari masturbasi:

1. Meredakan kram menstruasi

Stres dan suasana hati yang tidak baik bisa saja sekali dua kali dalam sebulan. Namun, perempuan di masa menstruasi biasanya mengalami kram perut yang benar-benar membuat mood jadi buruk.

“Nah, kekuatan dan intensitas orgasme dapat meredakan kram,” kata Golden.

"Dan hormon yang dilepaskan selama rangsangan seksual juga bisa membantu mengurangi kram itu."

Namun, Golden memperingatkan bahwa hal ini belum tentu sama untuk semua orang. Tapi, tak ada salahnya juga untuk mencoba terlebih dahulu. 

Baca juga: Wanita Perlu Masturbasi, Simak 6 Alasan Ilmiah Ini

2. Mengetahui titik sensitif seksual

Jika kamu bingung mengapa banyak orang bermasalah dalam kehidupan seksnya, penyebabnya mungkin karena mereka tidak tahu titik sensitif pada tubuhnya.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.