Kompas.com - 30/03/2021, 09:44 WIB
Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). (Dok. Vlada Karpovich - Pexels) Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

KOMPAS.com - Apakah kamu termasuk pekerja yang harus kerja dari rumah sejak awal pandemi hingga saat ini? Jika jawabannya, ya, perhatikan lebih kesehatan mata.

Mata yang terlalu lama menatap layar laptop karena kerjaan yang justru makin bertumpuk selama WFH ini bisa menyebabkan yang namanya ketegangan mata digital. 

Gejalanya antara lain: 

  • Penglihatan kabur
  • Sakit kepala
  • Mata kering
  • Mata terasa lelah

Gejala ini muncul akibat mata kita yang terlalu fokus menatap layar laptop, membuat mata kita jarang berkedip. Padahal, ketika berkedip bisa membuat permukaan mata tetap lembap.

Baca juga: Atasi Mata Tegang dengan Yoga Mata, Cuma 5 Menit

Namun, tak hanya menatap layar saja, kegiatan membaca, menulis, atau pekerjaan intensif lainnya dalam waktu lama juga dapat menyebabkan ketegangan mata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kabar baiknya adalah melihat komputer, tablet, atau smartphone dalam jangka waktu lama tidak akan menyebabkan kerusakan permanen," kata Dr. Dianna Seldomridge, juru bicara klinis American Academy of Ophthalmology (AAO).

"Seperti yang kita semua alami, menatap layar terlalu lama dapat menyebabkan beberapa gejala tidak nyaman. Tetapi ada beberapa perubahan sederhana yang dapat diakukan untuk meredakan ketidaknyamanan tersebut," katanya.

Melansir Healthday, berikut ini adalah cara untuk memberikan perhatian lebih kepada mata kita, menurut rekomendasi dari Seldomridge:

Baca juga: Tampil Lebih Segar dengan Membuang Lemak di Kelopak Mata

1. Istirahatkan mata secara teratur dengan mengikuti aturan 20-20-20

Setel timer di ponsel atau jam tangan untuk mengingatkan kamu agar melihat sejauh 20 kaki setiap 20 menit selama 20 detik. Atau bisa saja memejamkan mata selama 20 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X