Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2021, 13:55 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com - Media sosial kini menjadi salah satu medium yang paling banyak digunakan orang-orang untuk berkomunikasi, termasuk anak-anak dan remaja.

Meski sebenarnya ada batasan usia untuk memiliki akun di media sosial namun nyatanya banyak orangtua yang membuatkan akun untuk anaknya, bahkan sejak bayi. 

Pemerintah Indonesia sempat menggulirkan wacana agar anak berusia kurang dari 17 tahun yang ingin mengakses media sosial harus mendapatkan ijin orangtuanya.

Masing-masing platform media sosial sebenarnya sudah memiliki batasan usia atau age restrictions untuk mengakses layanan mereka. Misalnya saja berusia minimal 13 tahun untuk mengakses Instagram, Twitter dan Youtube, atau minimal 14 tahun untuk memiliki akun di Tiktok.

Faktanya, sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa anak-anak dengan mudah dapat mengakali proses verifikasi usia di platform media sosial.

Baca juga: 5 Tanda Kita Butuh Jeda Media Sosial

Verifikasi usia pada media sosial sebenarnya sangat penting guna mencegah anak-anak mengakses situs-situs tertentu yang tidak layak dibuka.

Hal tersebut tentu saja memunculkan banyak pertanyaan apakah media sosial sudah bisa menjadi ruang yang cukup aman bagi anak-anak atau justru harus dihindari.

Para peneliti dari Lero, Science Foundation Ireland Research Center for Software telah menemukan anak-anak sangat mudah melewati verifikasi usia apa pun hanya dengan berbohong.

Aplikasi yang termasuk dalam penelitian Lero ini mencakup Facebook, Instagram, WhatsApp, Snapchat, TikTok, Messenger, Skype, dan Discord.

Para peneliti melakukan studi pada April 2019-2020 dan menyimpulkan bahwa semua anak berhasil membuat akun media sosial dengan mengatakan usia mereka 16 tahun.

Sementara, situs media sosial tidak meminta bukti apa pun selain verifikasi usia dan hanya menjalankan sistem tanpa mengetahui anak-anak tersebut berbohong.

Kekhawatirannya adalah anak-anak yang menggunakan aplikasi ini tanpa pengawasan dan sepengetahuan orangtua mereka akan lebih rentan terpapar konten yang tidak sesuai.

Baca juga: 5 Dampak Negatif Media Sosial terhadap Remaja, Orangtua Perlu Tahu

Studi tersebut juga menemukan, jika seorang anak memasuki sebuah aplikasi dan pada awalnya menggunakan usia aslinya, maka aplikasi itu akan menonaktifkan pendaftaran.

Tetapi, kalau pengguna membuat ulang akun dengan usia 16 tahun atau lebih, situs akan membiarkan mereka masuk tanpa pertanyaan, serta tidak perlu bukti.

Tim peneliti pun melihat beberapa teknik pengenalan usia seperti pengenalan suara yang digunakan untuk mencoba dan memverifikasi bahwa pengguna memasukkan usia yang benar.

Namun, cara itu juga terbukti mudah dilewati hanya dengan memutar rekaman suara orang yang lebih tua.

Meskipun solusi untuk masalah ini mungkin belum jelas, orangtua melindungi anak-anak dari akses informasi yang mungkin tidak pantas dan berbahaya.

Baca juga: Ini 7 Hal yang Membuat Self-Esteem Anak Rendah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com