Kompas.com - 30/03/2021, 15:38 WIB
Ilustrasi perempuan, topi, kacamata hitam dan sinar matahari shutterstockIlustrasi perempuan, topi, kacamata hitam dan sinar matahari

KOMPAS.com - Wanita yang betah hidup melajang kerap jadi sasaran cibiran dari masyarakat atas pilihan hidupnya itu. Padahal ada banyak alasan yang melatarbelakangi seorang wanita enggan menikah.

Dibandingkan pria, wanita lebih sering mendapat desakan untuk menikah dari lingkungan sekitarnya.

Terlebih lagi jika memasuki usia 30 tahun, maka akan ada banyak suara sumbang mengenai pilihan hidupnya itu.

Stigma yang masih bertahan di masyarakat adalah wanita harus memenuhi kodratnya untuk segera memiliki suami, punya anak dan mengurus keluarganya. Namun ada sebagian wanita dengan perjalanan hidup yang berbeda.

Baca juga: Lama Melajang Bukan Pertanda Buruk dalam Asmara...

Biasanya banyak yang menuding para wanita ini terlalu pilih-pilih atau menganggap mereka bakal hidup kesepian. Komentar ini jelas menimbulkan ketidaknyamanan bagi siapa saja yang mendengarnya.

Agar tak ikut-ikutan berpikiran seperti itu, ketahui 7 hal yang menjadi alasan beberapa wanita memilih untuk being single seperti dikutip dari Bustle antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Pilihan hidup

Banyak wanita yang menjalani hidup single sebagai pilihannya dan bukan karena terpaksa. Para wanita ini menikmati kondisi sedang tidak menjalin hubungan dan menerimanya.

Tidak pernah ada kata kesepian dalam hidup mereka karena berbagai aktivitasnya. Alih-alih meratapi nasib karena tak punya pasangan, banyak yang menikmati waktu untuk mencapai tujuan hidup mereka.

  • Standar tinggi

Para wanita ini memiliki standar yang tinggi dan percaya akan kualitas dirinya sendiri. Dibandingkan harus menjalin hubungan dengan orang yang salah, maka lebih baik tidak sama sekali.

Mereka tidak merasa dikejar waktu atau tertekan dengan pendapat orang lain. Mereka baru  akan menikah jika benar-benar menemukan pasangan yang tepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.