Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2021, 15:38 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wanita yang betah hidup melajang kerap jadi sasaran cibiran dari masyarakat atas pilihan hidupnya itu. Padahal ada banyak alasan yang melatarbelakangi seorang wanita enggan menikah.

Dibandingkan pria, wanita lebih sering mendapat desakan untuk menikah dari lingkungan sekitarnya.

Terlebih lagi jika memasuki usia 30 tahun, maka akan ada banyak suara sumbang mengenai pilihan hidupnya itu.

Stigma yang masih bertahan di masyarakat adalah wanita harus memenuhi kodratnya untuk segera memiliki suami, punya anak dan mengurus keluarganya. Namun ada sebagian wanita dengan perjalanan hidup yang berbeda.

Baca juga: Lama Melajang Bukan Pertanda Buruk dalam Asmara...

Biasanya banyak yang menuding para wanita ini terlalu pilih-pilih atau menganggap mereka bakal hidup kesepian. Komentar ini jelas menimbulkan ketidaknyamanan bagi siapa saja yang mendengarnya.

Agar tak ikut-ikutan berpikiran seperti itu, ketahui 7 hal yang menjadi alasan beberapa wanita memilih untuk being single seperti dikutip dari Bustle antara lain:

  • Pilihan hidup

Banyak wanita yang menjalani hidup single sebagai pilihannya dan bukan karena terpaksa. Para wanita ini menikmati kondisi sedang tidak menjalin hubungan dan menerimanya.

Tidak pernah ada kata kesepian dalam hidup mereka karena berbagai aktivitasnya. Alih-alih meratapi nasib karena tak punya pasangan, banyak yang menikmati waktu untuk mencapai tujuan hidup mereka.

  • Standar tinggi

Para wanita ini memiliki standar yang tinggi dan percaya akan kualitas dirinya sendiri. Dibandingkan harus menjalin hubungan dengan orang yang salah, maka lebih baik tidak sama sekali.

Mereka tidak merasa dikejar waktu atau tertekan dengan pendapat orang lain. Mereka baru  akan menikah jika benar-benar menemukan pasangan yang tepat.

  • Punya goal pribadi

Para wanita lajang ini punya tujuan pribadi yang ingin dicapai. Karena itu mereka tidak punya waktu dan perhatian untuk hal lainnya termasuk hubungan pribadi.

Saat ini adalah waktu mereka untuk menjadi egois dan mengalihkan semua perhatian kepada diri sendiri.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Perempuan Memilih Hidup Melajang

  • Puas dengan hidupnya

Banyak orang yang menggunakan hubungan pribadi untuk menutupi perasaan tidak puas akan hidupnya. Banyak yang salah kaprah bahwa pernikahan akan memperbaiki hal yang salah.

Namun para wanita ini merasa hidupnya sudah penuh dan sangat memuaskan. Karena itu mereka tak tertarik pada hubungan personal kecuali benar-benar membawa manfaat yang besar.

  • Menikmati hidup

Menikmati hidup dengan berkeluarga jelas bukan pilihan buruk. Namun ada beberapa wanita yang sudah sangat menikmati hidupnya sehingga tak merasa terburu-buru untuk menikah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com