Kompas.com - 30/03/2021, 16:38 WIB
Masker hidung yang diklaim dapat mempermudah penggunanya ketika makan dan tetap dapat menghalau Corona Masker hidung yang diklaim dapat mempermudah penggunanya ketika makan dan tetap dapat menghalau Corona

KOMPAS.com - Masker sejauh ini menjadi alat untuk mencegah penularan virus Corona meski dianggap kerap menyulitkan penggunanya ketika makan atau minum.

Sebagai solusinya, peneliti dari Meksiko menciptakan masker hidung agar tak mengganggu aktivitas bersantap. 

Masker yang juga diklaim anti Covid ini memiliki bentuk yang serupa dengan masker kesehatan umumnya. Bedanya, ukurannya sedikit lebih kecil dan hanya digunakan untuk menutupi area hidung saja.

Masker hidung ini juga dilengkapi dengan tali yang bisa dikaitkan ke telinga untuk menjaga posisinya. Namun, produk ini membuat penggunanya lebih leluasa ketika membuka mulut untuk makan dan minum.

Posisinya juga tidak berubah ketika penggunanya menikmati makanannya sehingga dianggap tidak rawan terpapar virus, hal yang kerap menjadi masalah masker pada umumnya.

Baca juga: 5 Tips Jadikan Masker Lebih Protektif Cegah Infeksi B.1.1.7

Visual penggunaan masker ini sudah beredar di berbagai media sosial dan menjadi perhatian warganet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian belum ada laporan resmi yang menyebutkan soal asal perusahaan para peneliti tersebut dan kapan produk ini akan dirilis ke pasaran.

Sebagian besar menganggap penemuan ini sebagai hal konyol dan menyamakannya dengan hidung badut. Terlebih lagi masker ini dianggap akan meningkatkan risiko penggunanya terpapar virus meski hidungnya masih tertutup.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri merekomendasikan agar orang memakai masker yang menutupi hidung, mulut, dan dagu untuk perlindungan terbaik dari virus.

Penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan jika masker dengan bahan yang lebih lebar dan tebal merupakan pilihan yang lebih baik. Organisasi ini juga menyarankan penggunaan masker berlapis untuk mengurangi risiko terjangkit Corona di tempat umum.

Baca juga: Bukan Bahan, Masker yang Fit Lebih Penting untuk Tangkal Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber NYPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.