Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Heboh Masker Hidung Anticovid, Mau Pakai?

Kompas.com - 30/03/2021, 16:38 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Masker sejauh ini menjadi alat untuk mencegah penularan virus Corona meski dianggap kerap menyulitkan penggunanya ketika makan atau minum.

Sebagai solusinya, peneliti dari Meksiko menciptakan masker hidung agar tak mengganggu aktivitas bersantap. 

Masker yang juga diklaim anti Covid ini memiliki bentuk yang serupa dengan masker kesehatan umumnya. Bedanya, ukurannya sedikit lebih kecil dan hanya digunakan untuk menutupi area hidung saja.

Masker hidung ini juga dilengkapi dengan tali yang bisa dikaitkan ke telinga untuk menjaga posisinya. Namun, produk ini membuat penggunanya lebih leluasa ketika membuka mulut untuk makan dan minum.

Posisinya juga tidak berubah ketika penggunanya menikmati makanannya sehingga dianggap tidak rawan terpapar virus, hal yang kerap menjadi masalah masker pada umumnya.

Baca juga: 5 Tips Jadikan Masker Lebih Protektif Cegah Infeksi B.1.1.7

Visual penggunaan masker ini sudah beredar di berbagai media sosial dan menjadi perhatian warganet.

Meski demikian belum ada laporan resmi yang menyebutkan soal asal perusahaan para peneliti tersebut dan kapan produk ini akan dirilis ke pasaran.

Sebagian besar menganggap penemuan ini sebagai hal konyol dan menyamakannya dengan hidung badut. Terlebih lagi masker ini dianggap akan meningkatkan risiko penggunanya terpapar virus meski hidungnya masih tertutup.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri merekomendasikan agar orang memakai masker yang menutupi hidung, mulut, dan dagu untuk perlindungan terbaik dari virus.

Penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan jika masker dengan bahan yang lebih lebar dan tebal merupakan pilihan yang lebih baik. Organisasi ini juga menyarankan penggunaan masker berlapis untuk mengurangi risiko terjangkit Corona di tempat umum.

Baca juga: Bukan Bahan, Masker yang Fit Lebih Penting untuk Tangkal Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NYPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com