Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 3 Tips Menghilangkan Rasa Stres Ibu di Rumah Saat Masa Pandemi

Kompas.com - 31/03/2021, 07:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai ini membuat sebagian besar ibu di rumah mengalami stres karena beban yang semakin berlipat ganda.

Apalagi, bagi para ibu yang juga harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sekaligus mengurus rumah dan anak-anak.

Faktanya, sebuah studi dari UN Women mengungkapkan, sebanyak 57 persen wanita mengalami peningkatan stres dan kecemasan di masa pandemi ini.

Hal tersebut diakibatkan oleh karena bertambahnya beban dalam mengurus keluarga dan juga pekerjaan rumah tangga, serta permasalahan ekonomi.

"Ibu sering harus bersentuhan dengan berbagai macam tantangan. Maka, kekhawatiran akan kesejahteraan anak, kurang istirahat, serta berbagai permasalahan yang dihadapi di saat pandemi jelas membuatnya kewalahan."

Begitu penuturan seorang psikolog Tiara Puspita, MPsi saat webinar bersama dengan My Baby melalui aplikasi Zoom, Selasa (30/3/2021).

"Karenanya, kemampuan menyadari pikiran, emosi, dan apa yang ibu rasakan secara fisik maupun mental pada momen saat ini adalah kunci agar ibu mampu beradaptasi untuk mengendalikan tantangan tersebut," sambung dia.

Baca juga: 11 Rahasia yang Didukung Sains untuk Rumah Bebas Stres

Nah, untuk mendukung ibu supaya dapat ke luar dari masa-masa krisis dan menghilangkan rasa stresnya di masa pandemi, Tiara membagikan beberapa tipsnya sebagai berikut.

1. Merawat diri

Merawat diri atau self-care dapat mengurangi rasa stres dan cemas pada seorang ibu. Menurut Tiara, merawat diri adalah keharusan bagi ibu dan tidak bersifat egois.

Sebab, menempatkan kondisi fisik dan emosional sebagai prioritas mampu membantu para ibu mencapai kebahagiaan, serta kesehatan yang optimal untuk dirinya dan keluarga.

Adapun, self-care yang bisa dilakukan oleh ibu antara lain tidur dengan kualitas yang baik, melakukan latihan pernapasan, bersosialisasi dengan teman, melakukan hobi, berolahraga, dan sebagainya.

Ibu juga dapat melakukan meditasi untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mendapatkan fokusnya kembali.

2. Berkumpul bersama keluarga

Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, terutama bersama suami dapat membuat ibu merasa lebih baik dan meredakan rasa stres.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com