Kompas.com - 31/03/2021, 08:36 WIB
. Thinkstockphotos.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kebiasaan mendengkur pada anak-anak sebenarnya adalah hal yang umum terjadi. Faktanya, hampir 10 persen anak mendengkur saat tidur.

Di samping itu, berdasarkan data dari The Sleep Foundation, anak-anak mengalami apa yang disebut mendengkur sederhana ketika mereka mendengkur dua malam atau lebih per minggu.

Meski demikian, mendengkur dapat menimbulkan kekhawatiran apabila disertai dengan masalah kesehatan lainnya dan memengaruhi tidur anak.

Texas Children's Hospital mencatat bahwa ada beberapa contoh ketika anak-anak mendengkur dengan kondisi yang patut diwaspadai.

Dalam kasus ini, dokter menggunakan istilah gangguan pernapasan tidur pediatrik (SDB) untuk semua jenis kesulitan bernapas selama tidur.

Mendengkur hanyalah salah satu dari jenis gangguan pernapasan ini. Tetapi, jika hal itu mengganggu tidur, artinya bisa sangat bermasalah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi orangtua kuncinya adalah menentukan apakah dengkuran anak memengaruhi tidurnya atau tidak.

Baca juga: Anak Mendengkur Saat Tidur? Kenali 6 Penyebabnya

Dengkuran menjadi masalah

Untuk mengetahui apakah dengkuran bermasalah, seorang tenaga kesehatan profesional harus mengevaluasi dengkuran anak-anak ketika sudah melibatkan pernapasan abnormal yang mengganggu tidur.

Ada beberapa gejala dari pernapasan yang abnormal seperti terengah-engah atau mendengus, sering terbangun di malam hari, menggertakkan gigi, dan mengompol.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.