Kompas.com - 31/03/2021, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Foto persalinan artis Zaskia Sungkar yang bertebaran di media sosial menginspirasi banyak pasangan muda untuk memiliki dokumentasi yang serupa. Sayangnya biaya jasa fotografi persalinan masih cenderung mahal.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin menggunakan jasa fotografi persalinan. Bagi beberapa orang, momen ini terlalu pribadi untuk dihadiri oleh orang asing.

Adapula yang merasa tidak nyaman jika bagian tubuhnya harus dipotret oleh orang lain. Selain itu, tidak semua daerah memiliki fotografer yang menawarkan layanan ini.

Sebagai alternatif, kita bisa mencoba mendokumentasi sendiri momen sekali seumur hidup ini.

Kita bisa meminta suami atau kerabat dekat untuk memotret di sela-sela menemani proses kelahiran. Apalagi sekarang semua orang lebih familiar dengan kamera baik lewat ponsel maupun kamera digital.

Baca juga: Mengenal Hypnobirthing, Teknik Persalinan Kesukaan Kate Middleton

Tak ada salahnya mencoba melakukannya sendiri agar kelahiran buah hati terekam sempurna dalam setiap jepretan.

Hannah Hill Photography, agensi fotografi ternama di Amerika Serikat menyebutkan ada 5 hal yang harus diperhatikan. Kelimanya harus tersedia untuk memastikan momen persalinan terekam sempurna. Apa saja itu?

  • Momen di tengah kontraksi atau sedang mengejan

Ilustrasi ibu melahirkanShutterstock Ilustrasi ibu melahirkan

Melahirkan menjadi bukti akan kekuatan seorang ibu  menghadapi rasa sakit demi buah hatinya. Karena itu pastikan untuk mendokumentasikan momen tersebut, seperti ketika ibu sedang mengejan atau menghadapi konstraksi.

Raut wajah penuh rasa sakit, peluh keringat di wajah atau potret ibu ketika sedang berteriak kesakitan adalah beberapa diantaranya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.