Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Ikatan dengan Anak Lewat Kegiatan di Alam

Kompas.com - 31/03/2021, 14:08 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Meski aktivitas kita jadi serba terbatas selama pandemi, namun setahun terakhir ini ada banyak hal positif yang kita rasakan. Misalnya saja terbiasa untuk hidup lebih sehat serta meningkatnya waktu bersama keluarga.

Masa pandemi juga bisa menjadi momen untuk mulai menerapkan pola asuh organik. Secara umum, pola asuh ini menekankan kedekatan anak dengan alam, meningkatkan interaksi dua arah antara anak dan orangtua, serta memilih bahan makanan alami atau organik.

“Pengasuhan organik adalah pengasuhan yang melakukan banyak aktivitas dan interaksi antara orangtua dan anak, serta dilakukan di alam. Pola asuh ini berasal dari Finlandia,” kata psikolog anak Farah Aulia dalam acara peluncuran produk MPASI Homemade organik Selera Nusantara dari Nayz (27/3).

Pola asuh organik dinilai cocok diterapkan saat ini, mengingat fenomena anak dan orangtua lebih banyak menghabiskan waktunya menatap gadget. Anak pun kurang bergerak aktif.

Menurut Farah, dengan pola asuh organik, anak jadi lebih banyak bergerak dan berinteraksi dengan orangtua, yang dilakukan di alam.

Baca juga: Gadget Boleh untuk Anak, tapi Bonding Time Jauh Lebih Penting

Contoh penerapannya adalah orangtua mengajak anak bermain dan berinteraksi di taman, menanam pohon bersama, atau memelihara hewan.

Dengan bermain di alam, anak akan terpapar sinar matahari, bergerak aktif dan bereksplorasi, sehingga otaknya akan mengeluarkan hormon bahagia.

Kendati demikian, Farah menekankan bahwa anak bukannya tidak boleh menggunakan gadget sama sekali. Namun, fungsi gadget dikembalikan sebagai sarana belajar atau mencari pengetahuan.

"Kita juga harus membuat anak menjadi pribadi yang punya skill-skill bagus, relasi sosial bagus, kemampuan mengelola emosinya bagus, kreativitasnya bagus, kepercayaan dirinya juga bagus. Itu poin dari pengasuhan organik," tutur dia.

Untuk melengkapi pola asuh ini, orangtua juga harus menyediakan makanan alami yang bergizi seimbang.

Terinspirasi akan hal itu, Founder & CEO PT Hassana Boga Sejahtera (Nayz), Lutfiel Hakim memperkenalkan produk terbarunya, yaitu MP-ASI Rumahan Selera Nusantara dengan cita rasa bakso sapi yang menggunakan beras dan sayuran organik.

Baca juga: Makanan Organik Lebih Mahal, Apa Sebabnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com