Kompas.com - 31/03/2021, 14:08 WIB

KOMPAS.com – Meski aktivitas kita jadi serba terbatas selama pandemi, namun setahun terakhir ini ada banyak hal positif yang kita rasakan. Misalnya saja terbiasa untuk hidup lebih sehat serta meningkatnya waktu bersama keluarga.

Masa pandemi juga bisa menjadi momen untuk mulai menerapkan pola asuh organik. Secara umum, pola asuh ini menekankan kedekatan anak dengan alam, meningkatkan interaksi dua arah antara anak dan orangtua, serta memilih bahan makanan alami atau organik.

“Pengasuhan organik adalah pengasuhan yang melakukan banyak aktivitas dan interaksi antara orangtua dan anak, serta dilakukan di alam. Pola asuh ini berasal dari Finlandia,” kata psikolog anak Farah Aulia dalam acara peluncuran produk MPASI Homemade organik Selera Nusantara dari Nayz (27/3).

Pola asuh organik dinilai cocok diterapkan saat ini, mengingat fenomena anak dan orangtua lebih banyak menghabiskan waktunya menatap gadget. Anak pun kurang bergerak aktif.

Menurut Farah, dengan pola asuh organik, anak jadi lebih banyak bergerak dan berinteraksi dengan orangtua, yang dilakukan di alam.

Baca juga: Gadget Boleh untuk Anak, tapi Bonding Time Jauh Lebih Penting

Contoh penerapannya adalah orangtua mengajak anak bermain dan berinteraksi di taman, menanam pohon bersama, atau memelihara hewan.

Dengan bermain di alam, anak akan terpapar sinar matahari, bergerak aktif dan bereksplorasi, sehingga otaknya akan mengeluarkan hormon bahagia.

Kendati demikian, Farah menekankan bahwa anak bukannya tidak boleh menggunakan gadget sama sekali. Namun, fungsi gadget dikembalikan sebagai sarana belajar atau mencari pengetahuan.

"Kita juga harus membuat anak menjadi pribadi yang punya skill-skill bagus, relasi sosial bagus, kemampuan mengelola emosinya bagus, kreativitasnya bagus, kepercayaan dirinya juga bagus. Itu poin dari pengasuhan organik," tutur dia.

Untuk melengkapi pola asuh ini, orangtua juga harus menyediakan makanan alami yang bergizi seimbang.

Terinspirasi akan hal itu, Founder & CEO PT Hassana Boga Sejahtera (Nayz), Lutfiel Hakim memperkenalkan produk terbarunya, yaitu MP-ASI Rumahan Selera Nusantara dengan cita rasa bakso sapi yang menggunakan beras dan sayuran organik.

Baca juga: Makanan Organik Lebih Mahal, Apa Sebabnya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.