Kompas.com - 31/03/2021, 17:21 WIB
Ilustrasi kangkung ditanam dengan metode hidroponik. SHUTTERSTOCK/BAYU WIDHI NUGROHOIlustrasi kangkung ditanam dengan metode hidroponik.

KOMPAS.com – Lahan sekecil apa pun di rumah bukan halangan untuk menanam sayuran lewat kebun hidroponik. Meski saat ini instalasi hidroponik bisa dibeli, namun tak ada salahnya memanfaatkan sampah plastik di rumah.

Selain menggunakan botol-botok kemasan air, penggunaan galon air juga kini populer sebagai wadah bercocok tanam. 

Pada dasarnya metode hidroponik bertujuan menumbuhkan tanaman tanpa media tanah melainkan dengan air, serta menekankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kita bisa menanam berbagai sayuran seperti kangkung, bayam selada, atau pun tanaman bumbu.

Melalui sistem hidroponik, tanaman lebih cepat tumbuh kembang karena unsur hara dalam larutan dapat secara optimal dimanfaatkan oleh tanaman sehingga daun lebih lebar, daging buah lebih besar, dan kokoh dengan masa panen yang singkat, sekitar tiga minggu.

Baca juga: 5 Tanaman Hidroponik Rumahan agar Bisa Panen Sayur Sendiri

Kegiatan berkebun ini jika dilakukan secara konsisten dapat memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga. Sebagian pelakunya juga menjadikan aktivitas ini sebagai sumber penghasilan.

Lomba hidroponik

Untuk mendukung semangat bertanam hidroponik, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan merek air minum Le Minerale menggelar sosialisasi peduli sampah dan edukasi pilah sampah.

Selain itu, digelar pula lomba menanam tanaman secara hidroponik menggunakan botol atau galon plastik bekas berbahan PET.

Program ini secara khusus menyasar kelompok PKK dan masyarakat di desa-desa yang berlokasi di Bandung Barat untuk turut berpartisipasi.

 Baca juga: Setahun Pandemi: Munculnya Hobi Tanam Sayur Hidroponik dan Budidaya Lele di Tengah Berbagai Pembatasan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X