Kompas.com - 01/04/2021, 09:38 WIB
Ilustrasi Photo by Ketut Subiyanto from PexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Otak anak membutuhkan banyak hal untuk tumbuh dan berkembang dengan cara yang sehat. Selain nutrisi, ternyata pola pikir positif ibu berpengaruh besar.

Seperti yang sudah kita ketahui, otak adalah bagian tubuh yang mengontrol segala sesuatu yang kita lakukan.

Saraf otak kita akan terbentuk seiring waktu karena otak kita menerima pesan yang sama berulang kali. Selama masa kanak-kanak, jalur ini berkembang dengan sangat cepat.

Seorang guru taman kanak-kanak yang menjadi pengembang mainan, Tom Taylor mengatakan bahwa anak-anak membutuhkan orangtua dan pengasuh lainnya untuk membimbing mereka melalui konsep seperti kecerdasan emosional dan pemikiran positif.

Orangtua dapat melakukan ini dengan banyak cara seperti mencontohkan perilaku dan melalui proses tertentu dengan anak-anak secara selangkah demi selangkah.

Begitu anak-anak mengembangkan pola pikir positif itu, banyak aspek kehidupan menjadi jauh lebih mudah. Anak pun tumbuh menjadi pribadi yang tangguh.

Baca juga: Ini 7 Hal yang Membuat Self-Esteem Anak Rendah

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, jika orangtua tidak meluangkan waktu untuk membantu anak mengembangkan pola pikir yang positif, efeknya bisa merugikan kehidupan.

Pemikiran positif ibu membantu seorang anak tumbuh

Para peneliti di University of Toronto baru-baru ini melakukan penelitian untuk menentukan bagaimana perilaku dan keyakinan orangtua memengaruhi perkembangan anak.

Para peneliti ingin melihat seberapa besar pikiran, sikap, emosi, dan perilaku orangtua dapat memengaruhi pertumbuhan emosional dan kognitif anak.

Melalui studi tersebut, ditemukan hubungan langsung antara sikap orangtua dan perkembangan, serta respons perilaku anak.

Dengan kata lain, ibu yang melakukan pendekatan pola pikir positif dalam pola asuhnya, membantu anak tumbuh dan belajar dengan cara yang sehat.

Sedangkan ibu yang memiliki pemikiran negatif tentang pengasuhan biasanya gagal dalam mengasuh secara efektif.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Pola Asuh dan Efeknya pada Anak

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X