Kompas.com - 02/04/2021, 11:11 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi mencuci pakaian

KOMPAS.com - Mencuci pakaian bukan sebatas melemparkan pakaian ke dalam mesin cuci dan mengeluarkannya setelah bersih. Perlu persiapan ketika kita mencuci pakaian.

Beberapa kesalahan kecil, seperti ritsleting pakaian yang dibiarkan terbuka atau terlalu banyak menggunakan deterjen justru bisa merusak pakaian kesayangan.

Baca juga: 7 Manfaat Cuka untuk Mencuci Pakaian dan Mesin Cuci

Agar pakaian tetap awet setelah dicuci, hindari empat kesalahan ini ya.

1. Ritsleting pakaian yang terbuka

Ritsleting yang terbuka berbahaya bagi pakaian yang berbahan kain halus.

Gerigi atau ujung ritsleting yang tajam bisa merobek pakaian lain saat berada di dalam mesin cuci.

Sebelum mulai mencuci pakaian, tutup semua ritsleting yang ada, apalagi jika kita mencampurkan berbagai jenis kain saat mencuci.

Selain celana dan jaket jins yang memiliki ritsleting, pakaian lain dengan pengait atau pengikat seperti blus atau bra juga harus diperhatikan.

Potongan logam pada pengait dan pengikat bisa menggores pakaian lain.

Bra yang tidak dikaitkan sangat berbahaya bagi kain lain. Kaitkan setiap bra yang dicuci untuk melindungi pakaian lainnya.

2. Deterjen yang terlalu banyak

Penggunaan deterjen yang terlalu banyak atau salah memakai jenis deterjen dapat menyebabkan busa berlebih yang terjebak di pakaian dan tidak mudah dibilas.

Baca juga: Simak, Cara Memilih Deterjen yang Tepat untuk Mencuci Pakaian

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X