Kompas.com - 02/04/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi insomnia, gangguan tidur, sulit tidur. Insomnia bisa memicu stres dan depresi. SHUTTERSTOCK/DimaBerlinIlustrasi insomnia, gangguan tidur, sulit tidur. Insomnia bisa memicu stres dan depresi.

KOMPAS.com – Kesulitan untuk tidur pada malam hari bisa dialami siapa saja, dengan banyak pemicu yang berbeda-beda pula. Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan insomnia.

Insomnia adalah ketika seseorang mengalami masalah kesulitan tidur, tidak cukup tidur atau keduanya hampir setiap malam dalam seminggu."

Demikian dikatakan Alicia Roth, PhD, Psikolog perilaku dan pemulihan masalah tidur dari Cleveland Clinic.

Baca juga: Pola Makan Salah yang Bisa Memicu Insomnia

"Jika kita mengalaminya kurang dari tiga bulan, itu bisa dikatakan insomnia akut. Jika sudah lebih dari tiga bulan, itu tergolong insomnia kronis," sambung dia.

Roth juga mengatakan, insomnia bisa terjadi karena banyak hal. “Ini bisa disebabkan karena peristiwa traumatis, masalah kesehatan mental, masalah medis, peristiwa kehidupan yang membuat stres,"

"Stres yang dialami pun tak hanya berkaitan dengan hal yang negatif, bisa juga karena memulai pekerjaan baru, pindah atau apa pun itu."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, bagaimana caranya mengatasinya, dan membuat tidur lebih awal?

Roth mengatakan, memiliki rutinitas tidur adalah kunci untuk menenangkan insomnia yang terjadi.

Dia mengatakan, tubuh dan pikiran menyukai prediktabilitas dalam banyak konteks berbeda dalam hidup, termasuk tidur.

Tubuh dan pikiran suka memprediksi lingkungan seperti apa yang dikenakan, suhu ruangan, seperti apa tempat tidur dan seprai kita, seperti apa bau tempat tidur kita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.