Kompas.com - 03/04/2021, 14:53 WIB
ASICS Metaspeed Sky ASICSASICS Metaspeed Sky
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Beberapa tahun terakhir, banyak brand sepatu lari berlomba-lomba menghasilkan sepatu super yang bisa membantu pemakainya berlari lebih cepat dan efisien.

Awalnya, pada 2017, Nike menciptakan sepatu super yang diharapkan bisa membantu pelarinya, Eliud Kipchoge, memecahkan rekor maraton dengan waktu di bawah 2 jam.

Saat itu Nike membuat Vaporfly 4%, sepatu dengan pelat serat karbon di bagian alasnya, yang berdasarkan uji laboratorium diklaim bisa meningkatkan efisiensi lari sebesar 4%.

Ketika pengujian independen membenarkan klaim 4% Nike itu, para pelari segera mengganti sepatu mereka dengan Vaporfly 4% agar bisa berlari lebih cepat.

Tapi fitur pelat karbon ini memunculkan kontroversi, karena dianggap sebagai alat bantu yang tidak adil bagi pelari lainnya.

Baca juga: Inovasi dalam Sepatu Lari Nike, Curang atau Tak Terhindarkan?

Meski demikian, ketika tidak ada larangan dalam penggunaannya, maka merek lain pun ikut bergegas menciptakan sepatu super berlapis pelat karbon versinya sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama 3 tahun terakhir, berbagai sepatu berlapis pelat karbon pun hadir di pasar. Namun, ada satu merek sepatu utama yang absen dari hiruk pikuk itu: ASICS.

Memang setelah sebagian besar merek besar merilis sepatu super pelat karbon versi mereka, ASICS ikut memasuki permainan dengan sepatu MetaRacer.

Tetapi MetaRacer dianggap terlalu "sopan" dan tradisional meski dilengkapi pelat serat karbon. Ini berbeda dari sepatu super dengan profil sol tinggi yang dirilis sebagian besar merek.

ASICS Metaspeed SkyASICS ASICS Metaspeed Sky
Namun tanpa kita ketahui, di ASICS Institute of Sports Science di Kobe, Jepang, sesuatu yang istimewa sedang terjadi. Para insinyur ASICS rupanya bekerja keras menganalisis komponen kecepatan pada pelari elit, apa yang membuat seseorang bisa berlari lebih cepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.