Kompas.com - 04/04/2021, 13:26 WIB
Beberapa teh mengandung kafein, komponen yang bisa memberi efek diuretik pada ginjal. Namun, minum teh dalam jumlah moderat tidak akan menyebabkan dehidrasi. SHUTTERSTOCKBeberapa teh mengandung kafein, komponen yang bisa memberi efek diuretik pada ginjal. Namun, minum teh dalam jumlah moderat tidak akan menyebabkan dehidrasi.

KOMPAS.com - Beberapa waktu terakhir pembahasan tentang minum teh membuat dehidrasi ramai dibincangkan di media sosial.

Lalu, benarkah teh bisa bikin dehidrasi?

Menurut Healthline, teh memang bisa memengaruhi hidrasi tubuh. Tapi, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sebabnya, beberapa teh mengandung kafein, komponen yang juga terkandung dalam kopi, cokelat, minuman berenergi, dan soda.

Kafein adalah stimulan alami dan salah satu bahan makanan dan minuman paling umum di dunia.

Setelah dicerna, kafein berpindah dari usus ke aliran darah untuk kemudian menuju ke hati. Di sana, kafein dipecah menjadi berbagai senyawa yang dapat memengaruhi fungsi organ.

Misalnya, kafein memiliki efek stimulasi pada otak, meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi rasa lelah. Di sisi lain, kafein bisa memberi efek diuretik pada ginjal.

Diuretik adalah zat yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak urin.

Konsumsi kafein dapat meningkatkan aliran darah ke ginjal, membuat tubuh mengeluarkan air lebih banyak.

Setiap jenis teh mengandung kafein dalam jumlah yang berbeda-beda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X