Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2021, 11:23 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Memilih camilan sehat untuk anak tak selalu harus buah-buahan. Sebagai alternatif kita juga bisa menyediakan yogurt di rumah. Bahkan, yogurt termasuk aman untuk anak yang memiliki laktosa intoleran.

Meski berasal dari susu sapi tetapi yogurt merupakan produk fermentasi. Penelitian menunjukkan, orang yang laksota intoleran biasanya bisa mengonsumsi yogurt.

Selain itu, dalam proses pembuatan yogurt protein susu akan dipecah sehingga lebih mudah diserap dalam fermentasi.

Ahli nutrisi Emilia Achmadi MS, RDN, menjelaskan yogurt mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan anak, mulai dari probiotik atau bakteri baik untuk kesehatan usus, kalsium, hingga serat pangan.

“Kebanyakan anak-anak berhenti mengonsumsi susu di usia dua tahun, dan persentase kecukupan kalsium pada anak menurun drastis setelah usia dua tahun.

Asupan vitamin D dan kalium juga termasuk rendah pada anak-anak berusia 2-11 tahun, dan kedua kandungan ini tersedia pada yogurt berkualitas. Yogurt juga mengadung protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang, terutama tulang anak yang bertumbuh dengan cepat," kata Emilia.

Baca juga: Rutin Konsumsi Yogurt untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Saat ini, mungkin banyak orang tua yang cemas akan kandungan gula yang terdapat dalam produk olahan susu seperti yogurt.

Namun, menurut Nutrition Journal 2017 yogurt hanya mengandung 1-8 persen gula alami dan 4-9 persen gula tambahan, membuatnya aman untuk dikonsumsi anak. Untuk memastikan, perhatikan label kemasan produk yogurt.

“Hal terbaik tentang yogurt adalah dengan mengonsumsi yogurt, anak-anak bisa menikmati camilan yang lezat dan tidak melewati batasan kalori harian mereka. Selain itu, yogurt juga mengandung segudang nutrisi tak tertandingi yang mendukung pertumbuhan anak,” kata Emilia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Greenfields ID (@greenfields.id)

Yogurt kemasan khusus anak

Melihat berbagai manfaat yang dimiliki yogurt untuk anak-anak, Greenfields, memperkenalkan produk terbarunya yaitu Greenfields Kids Yogurt Pouch dan Kids Yogurt Drink, dengan kemasan yang khusus untuk anak.

Indonesia Country Head Marketing & Sales PT. Greenfields Dairy Indonesia, Syahbantha Sembiring, menjelaskan, kemasan yang lucu dan mudah digenggam anak membuat produk ini lebih menarik untuk anak.

Porsi Greenfields Kids Yogurt Pouch dan Kids Yogurt Drink yang telah disesuaikan untuk anak juga dapat digunakan oleh orang tua untuk mengajarkan anak agar terbiasa menghabiskan makanan.

Baca juga: Demi Pencernaan Sehat, Perhatikan Kadar Gula dalam Yogurt

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com