Kompas.com - 05/04/2021, 11:23 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPAS.com – Memilih camilan sehat untuk anak tak selalu harus buah-buahan. Sebagai alternatif kita juga bisa menyediakan yogurt di rumah. Bahkan, yogurt termasuk aman untuk anak yang memiliki laktosa intoleran.

Meski berasal dari susu sapi tetapi yogurt merupakan produk fermentasi. Penelitian menunjukkan, orang yang laksota intoleran biasanya bisa mengonsumsi yogurt.

Selain itu, dalam proses pembuatan yogurt protein susu akan dipecah sehingga lebih mudah diserap dalam fermentasi.

Ahli nutrisi Emilia Achmadi MS, RDN, menjelaskan yogurt mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan anak, mulai dari probiotik atau bakteri baik untuk kesehatan usus, kalsium, hingga serat pangan.

“Kebanyakan anak-anak berhenti mengonsumsi susu di usia dua tahun, dan persentase kecukupan kalsium pada anak menurun drastis setelah usia dua tahun.

Asupan vitamin D dan kalium juga termasuk rendah pada anak-anak berusia 2-11 tahun, dan kedua kandungan ini tersedia pada yogurt berkualitas. Yogurt juga mengadung protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang, terutama tulang anak yang bertumbuh dengan cepat," kata Emilia.

Baca juga: Rutin Konsumsi Yogurt untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, mungkin banyak orang tua yang cemas akan kandungan gula yang terdapat dalam produk olahan susu seperti yogurt.

Namun, menurut Nutrition Journal 2017 yogurt hanya mengandung 1-8 persen gula alami dan 4-9 persen gula tambahan, membuatnya aman untuk dikonsumsi anak. Untuk memastikan, perhatikan label kemasan produk yogurt.

“Hal terbaik tentang yogurt adalah dengan mengonsumsi yogurt, anak-anak bisa menikmati camilan yang lezat dan tidak melewati batasan kalori harian mereka. Selain itu, yogurt juga mengandung segudang nutrisi tak tertandingi yang mendukung pertumbuhan anak,” kata Emilia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Greenfields ID (@greenfields.id)

Yogurt kemasan khusus anak

Melihat berbagai manfaat yang dimiliki yogurt untuk anak-anak, Greenfields, memperkenalkan produk terbarunya yaitu Greenfields Kids Yogurt Pouch dan Kids Yogurt Drink, dengan kemasan yang khusus untuk anak.

Indonesia Country Head Marketing & Sales PT. Greenfields Dairy Indonesia, Syahbantha Sembiring, menjelaskan, kemasan yang lucu dan mudah digenggam anak membuat produk ini lebih menarik untuk anak.

Porsi Greenfields Kids Yogurt Pouch dan Kids Yogurt Drink yang telah disesuaikan untuk anak juga dapat digunakan oleh orang tua untuk mengajarkan anak agar terbiasa menghabiskan makanan.

Baca juga: Demi Pencernaan Sehat, Perhatikan Kadar Gula dalam Yogurt

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.