Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2021, 16:18 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Psoriasis merupakan penyakit kulit yang sulit disembuhkan dan butuh perawatan jangka panjang. 

Penyakit ini ditandai dengan kulit kering disertai ruam, bersisik, tebal dan mudah terkelupas. Bukan hanya mengganggu penampilan, kemunculannya juga disertai dengan rasa nyeri dan gatal berkepanjangan.

Tatyana Nektalova, M.D., dari Spring Street Dermatology di New York mengatakan psoriasis bisa menjadi kondisi kulit kronis yang dialami seumur hidup seseorang. Ruam ini bisa muncul kapan saja sehingga perawatan rutin sangat dibutuhkan.

Biasanya ini muncul pada bagian tubuh seperti lutut dan siku meskipun juga bisa timbul di berbagai sisi lainnya seperti kulit kepala yang menyebabkan ketombe.

Baca juga: Kenali Jenis dan Gejala Penyakit Kulit Autoimun Psoriasis

Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan penyebabnya maupun cara mengobatinya. Namun, tak perlu risau, kita bisa tetap beraktivitas normal dengan berbagai tips ini:

  • Gunakan pisau dan krim cukur

Ketika bercak penyakit ini muncul di area tubuh yang berbulu seperti betis, sebaiknya segera cukur area tersebut. Hindari iritasi dengan mengaplikasikan krim cukur sebelumnya.

Area yang terbuka bebas bulu membuat kulit lebih mudah sembuh. Untuk perawatannya, bisa menggunakan krim dari dokter atau pelembab yang kita miliki.

  • Keramas dengan sampo asam salisilat

Dalam beberapa kasus, ruam kulit juga bisa muncul di kulit kepala dan tak kalah menyakitkan. Keramas dengan produk sampo berbahan asam salisilat dipercaya dapat membantu mengelupas serpihan dan menenangkan iritasi.

Dr Corey Hartman, dermatologi dari Universitas Alabama, Amerika Serikat menyarankan keramas setiap pagi hari setelah menggunakan salep khusus agarnya hasilnya lebih efektif.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Perawatan Rumahan

  • Pilih pelembab mengandung ceramide

Penderita penyakit kulit ini harus menggunakan pelembab yang tebal sekaligus lembut untuk menghilangkan iritasi. Gunakan krim dengan kandungan ceramide yang dapat membangun perlindungan kulit secara alami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com