Kompas.com - 06/04/2021, 06:01 WIB
Cara menata kulkas yang dibagikan oleh Konsultan Master KonMari, Gemma Quinn. TANGKAP LAYAR THE IRISH SUNCara menata kulkas yang dibagikan oleh Konsultan Master KonMari, Gemma Quinn.

KOMPAS.com - Menata bahan makanan dan minuman di dalam kulkas mungkin terdengar mudah. Apalagi jika kita punya kulkas dua pintu yang luas.

Tapi, ketika Anda punya banyak bahan makanan dan minuman untuk disimpan, barulah Anda mungkin berpikir bagaimana agar semuanya bisa muat di dalam kulkas.

Konsultan Master KonMari Gemma Quinn, dari Melbourne, Australia, pernah dilatih langsung oleh master beres-beres, Marie Kondo.

Gemma membagikan tips menata kulkas yang mudah untuk diikuti dan bisa bikin kulkas Anda lebih rapi.

Jika kulkas lebih rapi dan tertata, Anda bisa lebih cepat mengambil bahan makanan dan waktu memasak pun bisa lebih efisien.

1. Atur berdasarkan menu makanan, bukan bahan

Tips pertama adalah menata kulkas berdasarkan menu makanan, bukan bahan-bahan makanan.

Menurutnya, jika kita menata kulkas berdasarkan bahan-bahan, kita akan lebih sulit membayangkan makanan di depan mata.

Itu bisa menambah beban mental ketika memasak dan menyedot lebih banyak waktu dan tenaga.

Konsultan Master KonMari, Gemma Quinn membagikan tips praktis menata kulkas. TANGKAP LAYAR THE IRISH SUN Konsultan Master KonMari, Gemma Quinn membagikan tips praktis menata kulkas.
Hal ini mungkin agak sulit diterapkan, apalagi jika Anda terbiasa memilih menu masakan secara spontan atau berdasarkan bahan yang tersedia.

Namun, cara ini tak hanya mempersingkat waktu masak tetapi juga membantu mengurangi limbah makanan, lho.

Baca juga: Ini Barang-Barang yang Perlu Kamu Singkirkan dari Kulkas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X