Kompas.com - 06/04/2021, 12:28 WIB
Ilustrasi kucing berjalan. PIXABAY/PHONGWARIT SUCHARTIlustrasi kucing berjalan.

KOMPAS.com - Cacingan termasuk penyakit umum yang bisa menyerang kucing. Faktanya, sebanyak 45 persen kucing pernah mengalami cacingan pada suatu waktu.

Menurut dokter hewan Amanda McNabb, DVM, cacingan biasanya terjadi pada anak kucing, kucing yang baru diadopsi, atau kucing yang menghabiskan waktu di luar ruangan.

Cacingan pada kucing sebenarnya tidak selalu berbahaya. Tetapi infeksi yang parah dapat merusak usus kucing.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begini Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Kondisi itu menyebabkan penurunan berat badan dan bahkan kematian pada anak kucing. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui ciri-ciri kucing terkena cacingan.

Salah satu langkah mudah adalah dengan memeriksa kotoran kucing secara berkala. Saat cacingan, kotoran kucing akan terlihat lunak dan ada darah.

Selain itu, cacingan pada kucing biasanya juga disertai muntah, diare, kehilangan selera makan, dan penurunan berat badan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanda lainnya adalah bisa jadi ada cacing di kotoran atau muntahan kucing. Setiap jenis cacing memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda.

Jenis cacing

Ada beberapa cacing yang paling umum menginfeksi kucing. Cacing tersebut antara lain cacing gelang, cacing pita, cacing tambang, dan cacing hati.

1. Cacing gelang

Cacing gelang terlihat seperti spageti yang dimasak dan paling umum ditemukan pada kucing. Cacing ini dapat menginfeksi usus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.