Kompas.com - 06/04/2021, 13:39 WIB
Seseorang yang kegemukan atau overweight. SHUTTERSTOCKSeseorang yang kegemukan atau overweight.

KOMPAS.com - Penyakit diabetes melitus sering disebut sebagai penyakit gaya hidup, sebab gaya hidup tidak sehat sering menyebabkan penyakit kronis ini.

Beberapa faktor terkait gaya hidup yang meningkatkan risiko diabetes antara lain kegemukan, hobi mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori, malas berolahraga, hingga tidak pernah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Diabetes melitus bukanlah penyakit yang bisa diremehkan, sebab kadar gula darah tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah di seluruh tubuh. Penyakit ini juga bisa memicu komplikasi berbagai penyakit, seperti penyakit ginjal hingga jantung.

Tubuh akan mengirimkan beberapa sinyal untuk membantu kita menyadari perlunya menjaga tingkat gula darah sebelum terlambat, seperti:

Baca juga: 4 Tips Diet Rendah Karbohidrat untuk Penderita Diabetes

1. Haus terus

Jika tubuh merasa haus terus-menerus walau sudah minum, kita sebaiknya memeriksakan diri untuk diabetes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika menderita diabetes, ginjal harus bekerja ekstra keras untuk mengatur kelebihan gula darah (glukosa). Di saat ginjal tidak dapat mengimbangi glukosa, maka tubuh menghasilkan lebih banyak urine dari biasanya. Akibatnya kita akan terus merasa haus.

2. Sering buang air kecil

Ini sebenarnya penyebab di balik meningkatnya rasa haus. Tubuh perlu membersihkan glukosa ekstra dari tubuh. Oleh karena itu, kita lebih sering buang air kecil jika menderita diabetes.

Baca juga: Merasa Haus Terus-menerus, Gejala Apa?

3. Sering merasa lapar

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.