Kompas.com - 06/04/2021, 15:26 WIB
Ilustrasi makanan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan usus. PEXELS/ENGIN AKYURTIlustrasi makanan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan usus.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mayo Clinic merupakan pusat medis akademis nirlaba yang berfokus pada integrasi perawatan kesehatan, pendidikan, dan penelitian, yang berkantor pusat di Rochester, Minnesota, Amerika.

Pusat medis ini kerap menulis dan melakukan berbagai penelitian, termasuk makanan apa saja yang harus dihindari agar orang tetap sehat.

Contohnya, Mayo Clinic tidak melarang konsumsi minuman beralkohol. Namun organisasi tersebut menganjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol lebih dari tujuh kali per minggu.

Di bawah ini, Mayo Clinic menjelaskan daftar makanan yang sebaiknya kita hindari, mengutip laman Eatthis.com.

1. Daging merah olahan

"Sebuah tinjauan terbaru dari penelitian mengenai konsumsi daging merah mengamati enam riset yang melacak lebih dari 1,5 juta orang selama 5,5-28 tahun."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demikian ditulis Liza Torborg dari Mayo Clinic pada Agustus 2018, mengutip Dr Heather Fields.

"Tinjauan tersebut menemukan, mengonsumsi daging olahan secara teratur rupanya terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kanker terutama kanker usus besar, dan kematian dini."

Torborg menjelaskan, daging yang termasuk olahan mencakup bacon, sosis, hot dog, ham, daging kaleng, dendeng, dan jenis daging lain yang diproses, diawetkan, difermentasi, atau diasinkan.

"Daging tersebut cenderung tinggi lemak jenuh, natrium, dan nitrat atau nitrit, yang dianggap terlibat dalam risiko penyakit jantung," jelas dia.

Baca juga: Banyak Makan Daging Merah Olahan Tingkatkan Risiko Kanker

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.