Kompas.com - 06/04/2021, 17:23 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Latihan pernapasan sejak lama diketahui menjadi metode yang mudah dan praktis untuk meredakan stres dan panik. Salah satu metode pernapasan yang cukup efektif adalah box breathing.

Latihan napas ini ternyata juga diterapkan oleh para pasukan elite angkatan laut Amerika Serikat (US Navy Seal) yang selalu siaga melakukan operasi khusus, termasuk tempur dan melawan terorisme.

Box breathing disebut dapat meningkatkan sistem saraf, meredakan stres, dan membuat kita menjadi lebih tenang.

Teknik pernapasan box breathing berakar dari bentuk pernapasan Ayurveda yang disebut pranayama, yang asalnya dari India.

Teknik ini dipraktikkan dalam yoga, menurut Tal Rabinowitz, pendiri dan CEO The DEN Medication di Los Angeles, AS.

Baca juga: Redakan Kecemasan dengan Latihan Pernapasan

"Box breathing memiliki akar yang sangat kuno, dengan teknik berbeda untuk menenangkan, membawa energi, memperbaiki fokus, dan membuat sistem saraf rileks," sebut Rabinowitz.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Namun, militer mempopulerkannya dan membawanya ke arus utama."

Mark Divine, mantan anggota Navy Seals yang juga merupakan seniman bela diri yang berpengalaman, mengenalkan teknik ini kepada komunitas operasi khusus di militer.

Divine menunjukkan bahwa hanya dengan bernapas, kita dapat mencapai efek menenangkan yang diinginkan dalam beberapa saat.

Box breathing diapresiasi oleh ahli di bidang kesehatan dan kebugaran. Salah satunya Patrick K Porter, PhD, ahli saraf, penulis, dan pencipta aplikasi meditasi bernama BrainTap.

Baca juga: Ternyata, Latihan Napas Bantu Pengidap Covid-19 Redakan Gejala Menetap

Porter mengatakan, box breathing merupakan cara yang berguna untuk mengatur ulang otak kita setelah stres akibat pandemi selama setahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.