Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2021, 21:05 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Lidah buaya merupakan tanaman yang kaya manfaat. Bukan hanya baik untuk  wanita, pria juga bisa memanfatkaan tumbuhan dengan nama latin Aloe vera ini.

Dahulu lidah buaya hanya dijadikan tanaman hias di rumah dan sesekali dipakai untuk perawatan rambut tradisional. Namun beberapa tahun belakangan berbagai produk kecantikan menjadikannya bahan baku utama.

Popularitasnya meroket karena khasiatnya yang terbukti bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kebanyakan produk tersebut ditujukan untuk wanita, jarang ditemukan ada yang dikhususkan oleh pria.

Namun dikutip dari Healthline, ada beberapa manfaat khusus tanaman aloe vera yang bisa dirasakan pria yaitu:

  • Gel untuk bercukur

Lidah buaya bisa meredakan kulit yang iritasi termasuk akibat pisau cukur. Gunakan produk berbahan aloe vera sebagai gel yang dibalurkan ke kulit setelah bercukur.

Cara ini mencegah jerawat, komedo atau eksim di wajah karena proses bercukur yang rutin dilakukan.

Pilihan yang lebih alami bisa dilakukan dengan potongan lidah buaya segar. Kupas kulitnya dan balurkan ke area yang diinginkan.

Baca juga: Mengenal Khasiat Lidah Buaya, untuk Kulit hingga Sembelit

  • Menjaga kesehatan kulit kelamin

Belum banyak pembahasan bagi pria untuk menjaga kondisi kulit kelaminnya. Namun gel lidah buaya bisa dijadikan opsi yang aman dan lembut untuk menjaga kelembaban kulit genital ini.

Kandungan ini juga bisa mempercepat penyembuhan kulit yang luka karena virus herpes simpleks. Namun jangan asal memilih produk, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk tahu mana pilihan yang terbaik.

  • Pelumas

Gel lidah buaya juga bisa dijadikan pelumas sintetis yang aman. Meski demikian, ada pendapat jika bahan ini dapat menyebabkan alergi khususnya pada kulit sensitif.

Sebagai pencegahan, kita bisa melakukan uji coba 24 jam sebelum dipakai sebagai alat bantu saat berhubungan seksual. Oleskan pada bagian kulit yang aman dan lihat reaksinya.

Baca juga: 10 Manfaat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com