Kompas.com - 07/04/2021, 07:03 WIB
. Thinkstockphotos.

KOMPAS.com – Mengungkapkan perasaan yang sebenarnya dengan pasangan memang tidaklah mudah, terutama mengatakan keinginan untuk mengakhiri hubungan.

Memulai perpisahan bisa sama menyakitkan seperti berada di pihak penerima keputusan.

Bahkan, -bukan tak mungkin, perasaan cemas yang kompleks ini bisa saja mengganggu tujuan dan visi hidup kita.

Baca juga: Valentine Bikin Galau karena Baru Putus Cinta? Lakukan 4 Hal Ini

Pikiran tidak enak untuk menyakiti pasangan dapat secara tidak sengaja memaksa kita tetap bersama dia. Ini juga bisa saja melumpuhkan pikiran.

Berikut adalah cara untuk meredakan kecemasan yang mungkin kita alami sebelum mengatakan ingin mengakhiri hubungan dengan sang pacar.:

1. Pastikan alasan mengapa ingin putus 

Jika kita menjadi sangat cemas sebelum 'pembicaraan' mengenai perpisahan, inilah saatnya untuk merenungkan alasan kita untuk putus dengannya.

Bila perlu, kita membuat daftar alasan mengapa ingin putus dengannya.

Daftar ini akan membantu kita untuk tetap tegas, dan juga menghindari rasa menyesal yang mungkin akan muncul di kemudian hari.

2. Cari dukungan dari orang lain

Sebelum memutuskan untuk mengakhiri hubungan, ada baiknya kita membicarakan ini kepada orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat.

Baca juga: Putus Cinta, Pria Ini Turun Berat Badan 25 Kg

Hal ini, tentu bisa mencegah atau memantapkan kita untuk menyelesaikan kebingungan yang mungkin kita rasakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X