Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2021, 08:49 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


Oleh: Annisa Ardiani, Content Writer Rekata

Membaca novel adalah salah satu hobi yang kerap dimiliki orang Indonesia. Cerita yang menarik memang selalu seru untuk dibaca saat waktu luang. Kegiatan ini juga menjadi relaksasi tersendiri di tengah kesibukan sehari-hari.

Novel merupakan kisah fiksi atau karangan yang menceritakan kehidupan seseorang di dalam ruang dan waktu. Cerita novel bisa terinspirasi dari kisah nyata maupun dari imajinasi sang penulis. Karena berupa karangan, tidak heran kalau banyak cerita novel yang imajinatif dan bahkan tidak masuk akal.

Apakah membaca novel hanya untuk mengisi waktu luang? Ternyata, membaca novel juga memiliki beberapa manfaat bagi pembacanya:

Baca juga: Membaca Buku di Luar Rumah Lebih Baik untuk Kesehatan, Kok Bisa?

1. Meningkatkan kreativitas dan membuka pikiran
Dengan membaca beragam jenis cerita, kemampuan berimajinasi pembaca akan meningkat yang juga akan membantu meningkatkan kreativitas. Tidak hanya itu, pembaca juga bisa memiliki pemikiran serta pandangan yang terbuka.

Bahkan, cerita fantasi Harry Potter bisa membuat pembacanya lebih open-minded dan inklusif.

Sebuah studi yang dipublikasikan Journal of Applied Psychology membuktikan adanya perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik terhadap hal-hal seperti imigran dan homoseksual setelah mereka yang membaca kisah diskriminasi dalam novel Harry Potter.

2. Melatih empati dan emosi
Cerita dengan detail perasaan tokoh yang kuat bisa memainkan emosi pembaca. Pembaca jadi berempati dengan tokoh tersebut dan mencoba mengerti keadaan tokoh melalui kisahnya. Dengan begitu, empati pembaca akan terlatih dan hal ini bisa tergambarkan dalam kehidupan nyata.

Dilansir Fast Company, dua peneliti dari Washington University mengamati otak dari pembaca-pembaca cerita fiksi dan menemukan adanya simulasi mental grafis yang intens dari pemandangan, suara, gerakan, dan rasa yang mereka temui dalam narasi.

Otak mereka bereaksi seolah-olah mereka benar-benar menjalani peristiwa yang mereka baca.

Baca juga: Seri Novel Romantis yang Diadaptasi Menjadi Film, Bikin Baper!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com