Kompas.com - 08/04/2021, 18:24 WIB
Ilustrasi merawat tanaman hias. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi merawat tanaman hias.

KOMPAS.com - Bagi orang-orang yang gemar berkebun, memotong tanaman adalah hal wajar. Tujuannya agar bentuk tanaman tetap terlihat indah.

Tapi tahukah kamu, sama seperti mahluk hidup lainnya, tanaman juga bisa 'bersuara' ketika merasa ada yang mengancam. Contohnya ketika hendak dipotong.

Tanaman dapat berbicara satu sama lain melalui penciuman dan bahkan bisa berkomunikasi dengan serangga untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

Baca juga: 8 Kesalahan Perawatan yang Bikin Tanaman Hias Cepat Mati

Menurut penelitian, tanaman mengeluarkan suara yang dapat diartikan sebagai jeritan ketika hendak ditebang atau dipotong. Hal ini dikarenakan tanaman tetap ingin hidup.

Kendati demikian, jeritan tumbuhan bukanlah pertanda rasa sakit melainkan bentuk komunikasi untuk bertahan hidup.

Cold Spring Harbor Laboratory melakukan penelitian terhadap tembakau dan tanaman tomat.

Hasilnya, peneliti menemukan tanaman tertentu dapat menghasilkan suara ultrasonik ketika stres. Namun suara tersebut tidak dapat terdeteksi oleh telinga manusia.

Penyebab tanaman stres bermacam-macam. Mulai dari kekeringan, gangguan serangga, hingga karena dipotong atau ditebang.

Baca juga: Tanda Tanaman Dimakan Siput dan Cara Mengatasinya

Tanaman tertentu dapat mendeteksi jeritan atau suara ultrasonik tanaman lain yang berada di sekitarnya ketika merasa stres.

Tanaman yang dapat mendeteksinya akan merespons jeritan tersebut sebagai upaya melindungi dirinya sendiri.

Halaman:


Sumber Popsugar
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X