Kompas.com - 08/04/2021, 21:14 WIB
Tak hanya bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan, perasan jeruk nipis juga bisa mengatasi masalah kesehatan lainnya. FREEPIK/FREEPIK.DILLERTak hanya bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan, perasan jeruk nipis juga bisa mengatasi masalah kesehatan lainnya.

KOMPAS.com - Jeruk nipis dikenal sebagai penambah kelezatan dalam berbagai menu masakan.

Selain untuk masakan, buah ini juga kerap dijadikan obat alami. Salah satu penggunaan paling populer adalah mengatasi batuk dan sakit tenggorokan.

Namun, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ternyata sangat banyak.

Menurut buku Khasiat Ajaib Jeruk Nipis: dari A-Z untuk Kesehatan & Kecantikan yang ditulis oleh Annisa Kurnia (2014), khasiat jeruk nipis utamanya terletak pada kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Baca juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah

Setidaknya, ada sembilan manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah jeruk nipis, antara lain:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Aroma yang dihasilkan jeruk nipis dapat menggugah selera makan.

Efek positif ini membantu sistem pencernaan primer dan merangsang air liur sebelum tubuh mencicipi makanan yang disajikan.

Senyawa flavonoid yang ditemukan dalam minyak wangi hasil ekstrak jeruk nipis juga dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam, serta gerak peristaltik.

Itulah sebabnya banyak masakan terasa lebih menggugah selera ketika ditetesi perasan jeruk nipis.

Menghirup jus jeruk nipis atau potongan jeruk nipis juga bisa membantu mengatasi sakit maag dan keasaman dalam perut, sehingga membuat saluran pencernaan lebih tenang dan mengurangi keluhan perut.

Baca juga: Kurang Disadari, 7 Kebiasaan Ini Ganggu Sistem Pencernaan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X