Kompas.com - 10/04/2021, 07:59 WIB
Foto Pangeran Philip saat masih muda dengan mengenakan seragam militer. TWITTER @RoyalFamilyFoto Pangeran Philip saat masih muda dengan mengenakan seragam militer.

KOMPAS.com - Pangeran Philip tutup usia pada Jumat (09/04/2021) waktu Inggris. Suami Ratu Elizabeth II itu meninggal dunia setelah kesehatannya terus memburuk.

 

Pangeran Harry dan Meghan Markle, yang mengundurkan diri sebagai anggota Kerajaan Inggris pada 2020, turut merespon kabar tersebut.

Pasangan ini menyampaikan rasa dukacitanya dengan mengunggah ucapan di situs resmi yayasan mereka, Archewell.

"In loving memory of His Royal Highness, The Duke of Edinburgh, 1921-2021 Thank you for your service...you will be greatly missed," demikian ungkapan kesedihan resmi yang tertera.

Namun tidak ada pernyataan jelas apakah Pangeran Harry dan Meghan Markle akan kembali ke Inggris.

Baca juga: Pangeran Philip Meninggal Dunia, Begini Tanggapan Harry dan Meghan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari People, besar kemungkinan putra kedua Pangeran Charles itu akan menghadiri pemakaman kakeknya. Namun, ia tidak akan didampingi oleh istrinya yang sedang hamil besar.

Meghan Markle juga diperkirakan akan segera melahirkan anak keduanya dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, keduanya, bersama anaknya, tinggal di California, Amerika Serikat.

Dibutuhkan perjalanan antar negara untuk hadir dalam penguburan kakeknya, hal yang tidak terlalu mudah dilakukan saat ini.

Inggris sendiri saat ini masih menjalankan aturan Covid yang ketat dan membatasi pelancong internasional. Jika akan hadir, Harry diharuskan menjalankan tes Covid-19 dan dikarantina terlebih dulu.

Dikutip dari Elle, Inggris mengharuskan semua pendatang menjalani tes virus corona (COVID-19) pada hari kedua dan kedelapan karantina.

Baca juga: Masa Muda Pangeran Philip, Pria yang Mencurahkan Hidupnya agar Ratu Elizabeth II Bisa Bertakhta

Jika memang benar-benar hadir dalam penguburannya nanti, ini akan menjadi kali pertama Harry kembali bertemu dengan anggota keluarga.

Sebelumnya dikabar hubungannya sempat menjauh khususnya setelah wawancaranya dengan Optah Winfrey disiarkan ke publik.

Pangeran Harry dan Pangeran Philip selama ini dikenal memiliki hubungan yang dekat. Pria keturunanan bangsawan Yunani itu berusaha selalu hadir dalam setiap momen istimewa Harry yang telah ditinggal ibunya sejak masih kecil.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X