Kompas.com - 10/04/2021, 11:19 WIB
Papan iklan elektronik menampilkan penghormatan kepada Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, di pusat kota London pada 9 April 2021 setelah kematian Pangeran Philip. Suami Ratu Elizabeth II tersebut baru-baru ini menghabiskan lebih dari sebulan di rumah sakit dan menjalani prosedur jantung. Pangeran Philip meninggal dalam usia 99 tahun. AFP PHOTO/NIKLAS HALLE'NPapan iklan elektronik menampilkan penghormatan kepada Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, di pusat kota London pada 9 April 2021 setelah kematian Pangeran Philip. Suami Ratu Elizabeth II tersebut baru-baru ini menghabiskan lebih dari sebulan di rumah sakit dan menjalani prosedur jantung. Pangeran Philip meninggal dalam usia 99 tahun.

KOMPAS.com - Pangeran Philip meninggal dunia pada Jumat (9/4/2021) kemarin dalam usia 99 tahun. Kabar menyebutkan ia meninggal ketika sedang dalam masa pemulihan penyakit jantungnya.

Selama sepuluh tahun terakhir, Pangeran Philip memang sering keluar masuk rumah sakit karena kondisi kesehatannya.

Suami Ratu Elizabeth itu memiliki riwayat penyakit medis yang panjang, termasuk masalah dengan jantungnya.

Istana Buckingham memang tidak memberikan alasan pasti penyebab kematian Pangeran Philip saat mengumumkan kabar duka.

Namun kabar menyebutkan, Pangeran Philip keluar dari rumah sakit pada 16 Maret setelah dirawat selama sebulan karena merasa tidak enak badan. Ini adalah periode terlama ia dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Pangeran Philip Wafat Dimakamkan Tanpa Upacara Kenegaraan, Begini Prosesnya...

Selama perawatan, Pangeran Philip juga menjalani prosedur untuk mengatasi masalah pada kondisi jantungnya yang sudah ada sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama sepuluh tahun terakhir, kakek Pangeran William ini juga sering menjalani perawatan di rumah. Bahkan ada beberapa pertemuan publik penting yang dilewatkan karena kondisi kesehatannya menurun.

Contoh, pada tahun 2011 saat usianya 90 tahun, Pangeran Philip menghabiskan empat malam di rumah sakit setelah mengalami nyeri dada.

Dia menjalani operasi pemasangan stent untuk mengobati arteri koroner yang tersumbat di Rumah Sakit Papworth di Cambridgeshire, tepat di malam Natal 2011.

Baca juga: Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth, Kisah Cinta Membentang 73 Tahun

Pangeran Philip juga menderita infeksi kandung kemih sehingga terpaksa melewatkan beberapa perayaan Ratu Diamond Jubilee pada tahun 2012 dan upacara pembukaan Paralimpiade 2012 .

Pada 2013, dia menghabiskan waktu selama 11 hari di rumah sakit untuk operasi di perutnya.

Kemudian pada 2017, Pangeran Philip dirawat di rumah sakit sebagai tindakan pencegahan untuk pengobatan infeksi karena kondisi kesehatannya.

Dalam suatu pernyataan, Istana mengatakan Pangeran Philip kecewa karena melewatkan pidato Ratu Elizabeth yang menandai pembukaan parlemen tahun itu.

Pada 2019, dia dirawat di rumah sakit selama 5 hari karena kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Tidak diketahui pasti apakah itu berkaitan dengan jantungnya atau tidak.

Baca juga: Rencana Pangeran Harry Menghadiri Pemakaman Pangeran Philip



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X