Kompas.com - 11/04/2021, 16:49 WIB
Dr Martens x Supreme 5 Eye Dr Martens Dr Martens x Supreme 5 Eye
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Merek Dr Martens melahirkan begitu banyak sepatu sejak berdiri di tahun 1947.

Dr Martens hadir di era yang dipenuhi perubahan sosial, dan beberapa sepatu bot buatan merek tersebut dengan cepat menjadi simbol budaya perlawanan serta simbol kelas pekerja.

Daya tarik utama Dr Martens selalu berkutat pada fakta sederhana, di mana Dr Martens adalah sepatu yang "merakyat", meskipun harganya di pasaran tidaklah murah.

Salah satu siluet Dr Martens yang relatif akrab di masyarakat adalah sepatu seri 1461 menyusul kepopuleran bot 1460.

Mulai dari awal perilisannya di tahun 1961 hingga sekarang, Dr Martens 1461 berhasil merambah berbagai subkultur seperti grunge dan punk, dan diminati banyak orang.

Dengan ciri khas sol bantalan udara dan pola jahitan welted menggunakan benang berwarna kuning, siluet 1461 tak lekang dimakan zaman.

Tahun demi tahun, banyak versi dari siluet 1461 diciptakan Dr Martens, seperti "Peppermint Green" berbahan kulit yang halus atau "Sun Yellow" yang tali sepatunya menggunakan bahan suede.

Dr Martens 1461 Leo Zip Dr Martens 1461 Leo Zip
Nah, memasuki bulan April 2021, Dr Martens memeringati ulang tahun siluet 1461 yang ke-60 dengan merilis beberapa model 1461 berpotongan rendah (low-cut) dalam corak warna dan variasi baru.

Model sepatu yang ditawarkan yaitu 1461 Leo Zip dan 1461 Elastic. Sesuai namanya, 1461 Leo "Zip" memiliki ritsleting kecil di dekat ankle atau lubang tali sepatu.

Baca juga: Kisah Perempuan Misterius dalam Sepatu Dr Martens

Dr Martens 1461 Elastic Dr Martens 1461 Elastic
Sementara model 1461 Elastic hadir tanpa tali sepatu, kendati ada tiga lubang tali di bagian atas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X