Kompas.com - 11/04/2021, 18:36 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernah mengalami serangan jantung tentu membuat diri dan keluarga merasa was-was bila serangan serupa terjadi lagi

Agar bisa terhindar dari serangan jantung lagi, seseorang membutuhkan pendekatan gaya hidup yang sehat tentunya.

Pemulihan total setelah serangan jantung dimungkinkan untuk beberapa penyintas serangan jantung, dan sebagian besar dapat melanjutkan hidup dengan normal atau mendekati normal.

Serangan jantung sebaiknya dilihat sebagai kesempatan untuk fokus pada kebiasaan hidup sehat dan mengendalikan faktor risiko di masa depan,” kata ahli jantung preventif, Luke J. Laffin, MD.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan berdasarkan rekomendasi Laffin agar tak mengalami serangan jantung lagi:

1. Minum obat secara teratur

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang selamat dari serangan jantung adalah yang tidak pernah lupa untuk meminum obatnya. 

Mereka yang tidak meminum obat secara teratur lebih mungkin mengalami masalah lagi dalam waktu satu tahun dibanding yang minum obat.

Dokter tentu meresepkan obat yang telah terbukti menyelamatkan nyawa setelah serangan jantung.

Obat-obat ini umumnya termasuk aspirin, obat antiplatelet, beta-blocker, statin dan, seringkali penghambat enzim pengubah angiotensin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X