Kompas.com - 12/04/2021, 08:59 WIB
Penderita diabetes terkontrol masih bisa mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. FREEPIK/8PHOTOPenderita diabetes terkontrol masih bisa mengonsumsi kurma saat berbuka puasa.

KOMPAS.com - Manfaat kurma untuk kesehatan sudah banyak diketahui, terutama untuk menjadi menu berbuka puasa.

Namun, tak sedikit orang dengan diabetes yang khawatir mengonsumsi kurma karena takut kondisi kesehatannya terganggu.

Bagaimana faktanya, amankah penderita diabetes makan kurma saat buka puasa?

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr (Cand) dr Inggrid Tania MSi menjelaskan, kurma sebetulnya aman dikonsumsi selama diabetes seseorang terkontrol.

"Sebenarnya orang diabetes sepanjang diabetesnya terkontrol aman saja makan kurma, tapi memang tidak berlebihan."

Hal itu diungkapkannya dalam webinar di kanal YouTube PDPOTJI Online yang dikutip Kompas.com.

Baca juga: Ahli Ungkap Sederet Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma

Bagi penderita diabetes yang ingin mengonsumsi kurma sebagai menu buka puasa, Tania menganjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah moderat, yakni tiga hingga lima butir.

Meskipun, ia menyebut adanya penelitian yang mengatakan konsumsi kurma hingga 10 butir sebetulnya masih aman bagi penderita diabetes terkontrol.

"Tapi kalau mau yang paling aman untuk penderita diabetes terkontrol bisa konsumsi misalnya lima kurma saat berbuka puasa," ucapnya.

Ia menambahkan, banyak penelitian sebetulnya menemukan bahwa ada sifat anti-diabetes dalam sebutir kurma.

Misalnya, disebutkan dalam penelitian-penelitian tersebut kurma mengandung senyawa-senyawa polifenol yang bersifat antioksidan, mampu menghambat enzim-enzim seperti alfa amilase dan alfa glukosidase, hingga dapat menstimulasi sel beta di dalam pankreas sehingga dapat meningkatkan sekresi insulin dan memperbaiki kondisi komplikasi akibat diabetes.

Namun, diperlukan pengembangan penelitian untuk lebih memastikan temuan-temuan tersebut.

"Review terhadap penelitian in Vitro, in Vuvo, dan penelitian klinis pada manusia, ternyata ada sifat anti-diabetes juga (dalam kurma)."

"Tapi memang ini harus lebih dikembangkan lagi seperti apa sediaannya kemudian nanti diuji klinik pada penderita diabetes," kata Tania.

Baca juga: 4 Pola Diet Terbaik untuk Diabetes



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X