Kompas.com - 12/04/2021, 11:23 WIB
Ilustrasi menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi. Ilustrasi menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi.

KOMPAS.com -  Biasanya kita bisa mengakali bau mulut dengan menyesap permen atau mengonsumsi minuman tertentu. Akan tetapi, kita tidak dapat menerapkan cara tersebut ketika sedang berpuasa. Lalu apa yang bisa kita lakukan?

Sebelum itu, ada baiknya mengetahui penyebab timbulnya bau mulut saat berpuasa.

Seperti dikutip laman Harvard Health Publishing, bau mulut bisa berasal dari dalam maupun luar mulut. Penyebab utama bau mulut adalah karena adanya bakteri di gigi dan lidah.

Gigi yang tidak bersih dapat menimbulkan bau mulut. Sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi dan tidak segera dibersihkan akan masuk ke dalam lubang gigi.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Saat Sedang Berpuasa, Perhatikan Hal-hal Ini!

Akibatnya, sisa makanan tersebut tidak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi, dan memicu bau mulut.

Apabila kita sahur dan berbuka puasa dengan makanan yang kaya bawang putih atau bawang bombai, kita juga berisiko mengalami bau mulut.

Hal serupa akan terjadi apabila kita terlalu banyak mengonsumsi gorengan serta makanan manis ketika sahur atau berbuka puasa.

Kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, juga menyebabkan kita mengalami bau mulut selama berpuasa. Sebab, partikel asap dari rokok tertinggal di tenggorokan dan paru-paru.

Baca juga: Menu Sahur untuk Jaga Energi Saat Puasa

Mencegah bau mulut

Untuk mencegah bau mulut, banyak cara yang bisa dilakukan, seperti:

Ilustrasi bau mulutTharakorn Ilustrasi bau mulut

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X