Kompas.com - 12/04/2021, 15:12 WIB
Ilustrasi makanan sehat karandaevIlustrasi makanan sehat
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Orang yang menjalankan puasa disebut lebih mampu mengatasi stres dan depresi. Karena selain menahan lapar dan haus, orang yang berpuasa akan belajar mengendalikan diri dan hawa nafsu.

Ketika berpuasa, tubuh akan mengalami perubahan dari biasanya dan beradaptasi. Tubuh memerlukan waktu lebih kurang delapan jam untuk menyerap nutrisi.

Artinya, tubuh kita sanggup untuk berpuasa jika diberi asupan makanan sehat dan kaya nutrisi saat sahur.

Sebaiknya, kita memenuhi makan sahur dengan karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan mineral sebagai sumber energi utama.

Penuhi juga asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang memadai.

Ketika tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik selama sahur, maka kita bisa berpuasa dengan lancar dan memeroleh manfaat kesehatan dari puasa, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mencegah peradangan

Peradangan kronis bisa meningkatkan risiko penyakit seperti kanker, penyakit jantung, rheumatoid arthritis atau nyeri sendi, dan banyak lagi.

Penelitian yang dilakukan di tahun 2012 menemukan, puasa mampu menurunkan zat yang memicu peradangan, mengurangi lemak tubuh, serta meningkatkan sirkulasi sel darah putih.

2. Menurunkan risiko kanker

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.