Kompas.com - 12/04/2021, 16:09 WIB
Ilustrasi anak ketika berbuka puasa kurma bersama orangtuanya. FREEPIK/RAWPIXEL.COMIlustrasi anak ketika berbuka puasa kurma bersama orangtuanya.

KOMPAS.com - Umat Islam akan segera memasuki bulan Ramadhan dan berpuasa selama satu bulan penuh.

Ibadah puasa Ramadhan memang diwajibkan bagi seseorang yang sudah akil baligh. Namun, orangtua idealnya mulai mengajari anak berpuasa sejak dini.

Prof Dr dr Aryono Hendarto, SpAK, MPH membagikan sejumlah tips puasa untuk anak yang Anda bisa coba aplikasikan, antara lain:

1. Mengajari anak tentang puasa

Sebelum mengajak anak melakukan praktik berpuasa, ada baiknya untuk terlebih dahulu memperkenalkan anak dengan aktivitas puasa.

Menurut Aryono, orangtua bisa memulainya dengan mengajari anak tentang puasa, misalnya lewat buku, internet, atau media lainnya.

Pada kesempatan tersebut, jelaskan pula pada anak mengenai tujuan dan makna berpuasa.

Hindari membandingkan anak dengan anak-anak lain, termasuk saudara atau sepupunya.

Dalam hal berpuasa, belum tentu setiap anak mulai belajar berpuasa pada usia yang sama.

"Anak itu unik, punya tumbuh kembang dan respons yang spesifik untuk masing-masing," katanya dalam seminar awam dan media bertajuk "Tips Sehat Puasa ala Guru Besar FKUI", Senin (12/4/2021).

Baca juga: Ahli Ungkap Sederet Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma

2. Melatih anak berpuasa

Jika anak sudah mengenal aktivitas puasa namun belum bisa ikut berpuasa, orangtua bisa mulai melibatkannnya dalam kegiatan puasa lain.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X