Kompas.com - 13/04/2021, 03:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Produk larutan elektrolit sering jadi andalan di bulan Ramadhan agar tubuh tak dehidrasi. Namun, minuman kemasan sebaiknya tidak jadi sumber utama kebutuhan cairan ini.

Elektrolit adalah senyawa yang menghasilkan ion positif atau negatif ketika dilarutkan dalam air.

Kegunaannya untuk mengatur fungsi saraf, keseimbangan cairan tubuh, tekanan darah dan keseimbangan pH dalam tubuh. Kadar elektrolit yang tidak ideal dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan.

Karena itulah penting bagi kita untuk mendapatkan asupan elektrolit yang memadai. Konsumsi air putih, sayuran dan buah biasanya jadi sumber asupan kebutuhan harian kita.

Baca juga: Konsumsi Elektrolit Jaga Kelembapan Kulit Selama Puasa?

Karena itulah kita bisa mengalami kekuarangan elektrolit saat sedang berpuasa. Terlebih lagi kita tinggal di daerah dengan kelembaban yang tinggi dengan udara yang panas.

Namun minuman kemasan bukanlah sumber elektrolit terbaik. Terlebih lagi sulit memastikan apakah produk pabrikan yang kita konsumsi mengandung pengawet, pewarna atau pemanis buatan atau tidak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari laman Mind Body Green, ada tiga alternatif sumber elektrolit yang bisa kita jajal yaitu:

  • Garam himalaya

Garam himalaya kaya akan kandungan mineral yang dapat meningkatkan kadar elektrolit dalam tubuh. Ada baiknya memasak dengan garam Himalaya dalam menu masakan selama bulan Ramadhan untuk menjaga asupannya tetap ideal.

Garam berwarna pink muda ini memiliki rasa lebih asin dibandingkan garam dapur biasanya. Karena itu pastikan tidak memasukkan terlalu banyak agar rasa masakan tidak terganggu.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Garam Himalaya dan Manfaatnya

  • Kaldu

Sup kaldu ayam bukan hanya lezat disantap ketika makan sahur namun juga bermanfaat. Pasalnya kaldu memiliki kandungan elektrolit yang tinggi sehingga baik untuk tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.