Kompas.com - 13/04/2021, 09:24 WIB
Ketika berpuasa, kita tidak mendapatkan asupan cairan sehingga berolahraga membuat tubuh rentan dehidrasi.
PEXELSKetika berpuasa, kita tidak mendapatkan asupan cairan sehingga berolahraga membuat tubuh rentan dehidrasi.

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan telah tiba. Selama sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, tentunya ada sejumlah hal yang bakal berubah dalam aktivitas harian kita.

Salah satunya adalah pola olahraga.

Ketika berpuasa, kita tidak mendapatkan asupan cairan sehingga berolahraga membuat tubuh rentan dehidrasi.

Tapi, ada beberapa pilihan waktu berolahraga yang bisa kita pilih selama bulan Ramadhan sehingga rutinitas olahraga tak akan terganggu meski menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

"Jangan menyerah dengan tujuan kebugaran kita meski sedang berpuasa Ramadhan. Sebaliknya, jadikan bulan suci ini sebagai momen untuk menyegarkan diri sehingga kita bisa berolahraga lebih kuat dan segar di bulan berikutnya," kata pelatih kebugaran dari Fitness First, Ahmed Al Sayed, seperti dilansir The National.

Al Sayed menyarankan, untuk olahraga kardio sebaiknya pilih gerakan intensitas ringan dan batasi durasinya hanya sekitar 30 menit setiap hari.

Tubuh akan dehidrasi ketika berpuasa, sehingga kita akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi, terutama jika olahraga dilakukan sebelum buka puasa.

Namun, tekanan darah mungkin akan turun ketika memulai olahraga atau setelahnya, jadi jangan lupakan rutinitas pemanasan dan pendinginan.

Sedangkan untuk latihan ketahanan, disarankan untuk memilih jenis latihan yang menargetkan tubuh bagian atas sebelum tubuh bagian bawah untuk menghindari penurunan tekanan darah selama atau setelah latihan.

Baca juga: Kiat Berolahraga di Bulan Puasa, Apa yang Harus Diperhatikan

Pilihan waktu olahraga

Olahraga saat berpuasa bisa membahayakan kesehatan jika kita terlalu memaksakan diri padahal tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Beberapa daerah juga mungkin memiliki cuaca yang panas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X