Kompas.com - 13/04/2021, 09:43 WIB
Ilustrasi ngemil sambil duduk. Saat ini banyak orang terjebak dalam pola hidup kurang gerak yang memicu berbagai penyakit kronis di masa depan. SHUTTERSTOCKIlustrasi ngemil sambil duduk. Saat ini banyak orang terjebak dalam pola hidup kurang gerak yang memicu berbagai penyakit kronis di masa depan.

KOMPAS.com - Jika kita mengira efek samping dari ngemil atau makan tengah malam hanyalah penambahan kalori saja, maka kita salah besar.

Menurut seorang dokter spesialis kulit di New York City, Jason Emer, MD, hobi ngemil atau makan di tengah malam juga bisa menyebabkan penuaan kulit, kerusakan kulit, dan bahkan berisiko terkena kanker kulit.

"Makan berat sebelum tidur dapat melemahkan enzim yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV," jelas seorang dokter spesialis kulit, Stuart Kaplan, MD.

Hal ini turut didukung oleh penelitian yang dilakukan di University of Texas Southwestern Medical Center.

Dalam studi yang melibatkan hewan tikus, para peneliti menemukan bahwa kebiasaan makan yang tidak normal mengganggu jam biologis kulit tikus.

Sehingga, kebiasaan makan yang tidak sehat pada tengah malam dapat melemahkan potensi enzim kulit yang menghalangi radiasi ultraviolet matahari yang berbahaya.

Baca juga: Mengapa Melewatkan Makan Malam Bikin Gemuk?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun penting untuk diingat bahwa tes ini dilakukan pada tikus dan bukan pada manusia, hal itu tetap menguak argumen yang sangat kuat mengapa makan larut malam begitu ditentang para ahli kesehatan.

"Selain faktor UV, terbukti bahwa makan sebelum tidur — terutama yang mengandung gula — bisa meningkatkan kadar gula darah, membuat peradangan, dan memperburuk kondisi kulit seperti jerawat atau eksim," kata Emer.

Kaplan mengungkapkan, semakin berat makanannya, semakin lama kita harus menunggu sebelum tidur.

"Minimal, saya anjurkan setidaknya dua jam untuk tubuh mencerna sebagian besar makanan karena kita tidak boleh tidur dalam keadaan kembung dan kenyang," terangnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.